Lompat ke isi utama
Berita

Tuli Malang Ingin Ada Juru Bahasa Isyarat di Rumah Sakit

Isolider.or.id, Malang - Sejumlah aduan tentang layanan kesehatan disampaikan dalam pertemuan Forum Malang Inklusi (FOMI) Sabtu (11/11) di Sekretariat Malang Corruption Wacth (MCW). Selain persoalan aksesibilitas sarana dan prasarana, layanan bagi difabel tuli juga masih jauh dari ramah.

Berita

Kepala UPT Trans Jogja Akui Buruknya Aksesibilitas Shelter dan Armada Bus

Solider.or.id.Yogyakarta. Kepala UPT Trans Jogja, Maryoto, mengakui bahwa aksesibilitas pada sebagian besar shelter atau halte dan armada bus Trans Jogja masih jauh dari harapan difabel. Hal tersebut disampaikannya pada Konferensi Pers yang digelar oleh Komite Perlindungan dan Pemenuhan Hak Difabel Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), di Angkringan KOBAR, Jalan Atmosukarto, Kotabaru, Yogyakarta, Kamis (9/11/2017).

Artikel

Juru Bahasa Isyarat, Tantangan dan Harapan

Solider.or.id.Yogyakarta. Juru Bahasa Isyarat (JBI) ialah orang yang menjadi media atau menjembatani kesenjangan komunikasi antara tuli dengan nontuli, demikian pula sebaliknya. JBI ibarat telinga bagi tuli, yang menangkap informasi dan komunikasi dari orang mendengar selanjutnya menyampaikan kepada  tuli melalui bahasa isyarat. JBI juga tak ubah mulut bagi tuli yang berbicara menyampaikan informasi bagi orang mendengar. Artinya keberadaan JBI sangat dibutuhkan, di tengah sedikitnya orang mendengar yang dapat memahami bahasa tuli.

Berita

Kerjabilitas Bantu Aksesibilitas Bangunan Kantor Facebook Indonesia

Solider.or.id.Yogyakarta. Kerjabilitas, sebuah organisasi nirlaba yang menghubungkan difabel dengan lapangan pekerjaan dan peluang karir lain. Kerjabilitas menggunakan teknologi  dalam membantu masyarakat terhubung dengan pencari kerja, mendapatkan hak-hak mereka dan memiliki kehidupan yang lebih baik.

Pada Agustus 2017 Kerjabilitas resmi bermitra dengan Facebook (FB) Indonesia. Yakni sebuah perusahaan yang melihat bahwa aksesibilitas merupakan bagian dari mendorong inklusi dan mengelola keberagaman, lebih dari sekedar mengikuti peraturan pemerintah.

Artikel

Keterkaitan antara Aktivitas, Kemampuan dan Aksesibilitas

Solider.or.id.Yogyakarta. Aktivitas individu sangat didukung oleh kemampuan tiap-tiap individu itu sendiri dan fasilitas yang ada. Aktivitas atau kegiatan yang mudah dilakukan oleh satu idividu, belum tentu mudah bagi individu lain. Artinya tidak semua fasilitas cocok bagi semua orang, terutama bagi orang dengan difabilitas.

Berita

Dialog Lintas Agama: Penguatan Rumah Ibadah Sebagai Agen Pengembangan Peradaban Kemanusiaan

Solider.or.id, Yogyakarta. Dalam suatu pandangan  Islam, menyingkirkan hal yang membahayakan meski sekecil duri dari jalanan pun merupakan sebuah kebaikan. Apakah menyingkirkan duri dalam hal ini juga dapat ditarik dalam konteks menyingkirkan tangga yang berundak-undak di rumah ibadah untuk memudahkan para jamaah yang memakai kursi roda? Ini merupakan salah satu contoh teks agama yang perlu digali konteks-konteks di dalamnya.

LifeStyle

Aksesibilitas, Inklusi dan Kemerdekaan: Refleksi Peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia

Solider.or.id, Setiap bulan Agustus Bangsa Indonesia memperingati Hari Proklamasi Kemerdekaan.    Persiapan dan kesibukan nampak mulai dari pemerintahan pusat, provinsi, kabupaten/kota hingga kampung dan rukun tetangga. Peringatan juga diadakan oleh berbagai organisasi, sekolah, instansi pemerintah/swasta dan kalangan lainnya. Kitapun disuguhi aneka pemaknaan, cara, kegiatan dan lomba dengan berbagai atribut perayaannya. Mulai anak-anak hingga orang tua, laki-laki dan perempuan, semua larut dalam euforia hari kemerdekaan. Lantas bagaimana arti “kemerdekaan” yang sesungguhnya bagi difabel?

Berlangganan aksesibilitas
The subscriber's email address.