Lompat ke isi utama
LifeStyle

Mengenal Mitos pada Anak Gifted

Solider.id, Yogyakarta- Selama ini saya berpandangan bahwa menjadi seorang anak gifted itu sangat menyenangkan. Tidak akan bermasalah dengan belajar, tidak butuh dukungan atau usaha lebih untuk mempelajari hal baru. Semua anak gifted pasti berprestasi, pasti juara, pasti banyak kawan dan sahabat.

Namun, pandangan itu ternyata tidak seluruhnya benar. Tidak semua anak gifted demikian adanya. Semua bergantung pada penanganan yang tepat terhadap anak gifted. Baik dari keluarga maupun lingkungan pendidikan dan sosial.

Difabelitik

Mencari Sekolah yang Cocok untuk Tuli

Oleh Raka Nurmujahid

 

Solider,id- Dari berbagai informasi yang saya himpun, baik dari kerabat atau informasi yang saya dapat dari media sosial, tibalah saya pada kesimpulan bahwa betapa sulitnya mencari sekolah yang cocok bagi kebutuhan Tuli.

Saya menerima kabar dari Decky seorang anggota Gerkatin Solo melalui grup WhatApps Gerkatin Solo. Kabarnya berisi tentang informasi yang dialaminya tentang pengalaman berkuliah di Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) yang minim akses dan kurang ramah difabel, khususnya bagi Tuli.

Berita

Menyediakan Akses Membaca untuk Anak Berkebutuhan Khusus

Solider.id, Malang- Bertepatan dengan Hari Pendidikan Nasional, anggota Lingkar Sosial Indonesia, Ahmad Sanai menyatakan pentingnya membaca buku sejak dini. Terlebih bagi difabel yang menurutnya hingga saat ini masih mengalami banyak hambatan dalam mengakses kesempatan belajar, khususnya membaca. Hal ini, ia katakan di sela acara donasi buku Mahasiswa Pecinta Alam Institut Pertanian Malang, di Taman Baca Masyarakat Lingkar Sosial Indonesia (2/5).

Figur

Laksmayshita Khanza: Tidak Mudah Mengakses Pendidikan bagi Tuli

Solider.or.id.Yogyakarta. “Sejauh ini minim visualisasi materi di kelas teori. Tidak jarang pula dosen berbicara sangat cepat, dan terkadang tidak menghadap kelas. Sehingga bagi saya-mahasiswa tuli, tidak mudah memahami materi kuliah. Namun, ada beberapa dosen yang sudah peka dengan kondisi saya yang tuli. Sehingga saya mendapatkan penjelasan di akhir kuliah, atau diberikan catatan khusus, atau soft file.”

Berlangganan akses Pendidikan
The subscriber's email address.