Lompat ke isi utama
Artikel

Perencanaan-Penganggaran Pembangunan Inklusi yang Berdasarkan Hak Asasi Manusia

Solider.or.id. Yogyakarta. Dalam tata kelola pemerintahan yang baik, proses perencanaan penganggaran sudah seharusnya beralaskan pada pedoman hak asasi manusia. Pemenuhan hak asasi manusia menjadi kewajiban negara sesuai dengan Deklarasi Universal Hak Asasi Manusia (DUHAM) yang berisi norma-norma internasional yang disepakati dan diterima oleh negara-negara di dunia melalui Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

Artikel

Keterlibatan Difabel dalam Penyusunan Perda Difabel Banjarnegara

Solider.or.id. Banjarnegara. Sebagai kota yang belum memiliki peraturan daerah tentang difabel, Banjarnegara punya pekerjaan rumah besar dalam mewujudkan keinginan sebagai kota yang ramah difabel. Payung hukum berupa perda akan bisa menjadikan landasan legal bagi difabel dalam memperjuangkan hak-haknya. Menghadirkan peraturan daerah tentang difabel tersebut tentunya bukan pekerjaan yang mudah. Meskipun begitu, upaya untuk mendorong adanya peraturan daerah tentang difabel di Banjarnegara terus digaungkan oleh difabel beserta pegiat isu difabel  setempat.

 

Berita

Difabel Bandung Desak Pemerintah Sahkan Raperda

Memasuki tahun ketiga sejak perumusan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) terkait pemenuhan dan perlindungan hak bagi masyarakat difabel kota Bandung, 14 perwakilan Organisasi Penyandang Disabilitas (OPD) menggelar aksi deklarasi bersama.

Figur

Amrullah dan Harapan Hukum yang Ramah Difabel

Solider.id, Denpasar- Amrullah adalah seorang pengacara yang memiliki keinginan membentuk organisasi difabel yang konsen di isu bantuan hukum. Keinginannya, muncul ketika sebuah kecelakaan membelokkan nasibnya dan menyadari bahwa hukum di Indonesia belum ramah terhadap difabel. Mulai dari teks hukum, aksesibilitas, pendampingan dan lain sebagainya.

Berita

Maksimalkan Koordinasi Tingkat Kota, Pegiat Difabel Bandung Bentuk Forum Komunikasi

Solider.id, Bandung- Sebanyak 10 orang perwakilan difabel tingkat kota Bandung melakukan audiensi dengan komisi D DPRD Kota Bandung (11/4). Pegiat komunitas difabel yang berasal dari 7 organisasi  Difabel tersebut mengusulkan dibentuknya forum komunikasi difabel. Dalam aspirasinya, mereka menyampaikan rekomendasi kebijakan terkait UU No. 8 Tahun 2016 tentang penyandang disabilitas pada pasal 130 mengenai mekanisme kooordinasi tingkat kota.

Berita

Brainstorming Isu Difabel Lewat Podcast

Solider.id, Semarang - La Rane hafied, podcaster Indonesia dukung penyebarluasan aspirasi difabel lewat “Workshop Podcast Suarane”. Workshop online yang beranggotakan 11 difabel netra ini dimulai pada Senin (19/03). Forum diskusi tentang podcasting ini dilaksanakan melalui grup sosial media, Whats App.

Berlangganan advokasi difabel
The subscriber's email address.