Lompat ke isi utama
Berita

Lokakarya Perencanaan-Penganggaran Pembangunan Inklusi Selesai Dilaksanakan

Solider.or.id. Yogyakarta. Lokakarya Perencanaan-Penganggaran Pembangunan Inklusi yang digelar oleh SIGAB (Sasana Inklusi dan Gerakan Advokasi Difabel) sejak Selasa (24/10) di Hotel Cavinton Yogyakarta resmi berakhir Kamis (26/10). Lokakarya yang merupakan kerjasama antara SIGAB, Pemerintah Kabupaten Sleman, Pemerintah Kabupaten Kulon Progo, Program Peduli, YAKKUM dengan dukungan dari The Asia Foundation ini melibatkan dua puluh empat OPD (Organisasi Perangkat Daerah) dari Kabupaten Sleman dan Kulon Progo.

Difabel Netra dan Profesi Pemijat: Identik atau Pengidentikkan? Kam, 19/10/2017 - 10:43

Solider.or.id -  Dalam kehidupan difabel di Indonesia, eksklusifitas lingkungan menggiring difabel dalam keadaan-keadaan yang membatasi. Tak terkecuali pada bidang mata pencaharian. Mungkin, sudah sering terdengar bahwa ada keidentikkan antara difabel dengan profesi tertentu. Misal, difabel daksa sering identik dengan profesi tukang servis barang elektronik, tuli identik dengan profesi penjahit, difabel netra identik dengan profesi pemijat dan keidentikkan lainnya.

Artikel
Mengikis Stigma Celebral Palsy dengan Pendidikan Sen, 09/10/2017 - 14:49

Solider.or.id, Malang - Celebral Palsy atau CP (baca: sipi) secara garis besar adalah gangguan fungsi motorik pada otak yang ditandai susahnya pengendalian otot, kekakuan, dan kelumpuhan. Anak dengan CP masih mengalami berbagai hambatan sosial di masyarakat. utamanya hak pendidikan.    Hal ini karena anak-anak dengan CP masih dianggap sebagai beban dan tidak mampu untuk menempuh pendidikan, bahkan dianggap penyakit hingga kutukan.

Artikel
Difabel Karanganyar Advokasi Peluang Kredit Bank Jum, 16/09/2016 - 13:56

Solider.or.id, Karanganyar- Supriyanto, koordinator Persatuan Penyandang Cacat Indonesia (PPCI) Karanganyar,mengadvokasi kuota difabel dalam kredit kelompok di bank dalam acara sosialisasi perbankan di rumah dinas wakil bupati Karanganyar, Jum'at (9/9)..

Dalam sosialisasi, juga diadakan pendataan bidang usaha difabel, baik perseorangan maupun kelompok. Beberapa difabel daksa yang memiliki keterampilan menjahit mempunyai usaha konveksi dan terima jahitan di rumah. Beberapa lagi memiliki usaha perbengkelan.

Berita

Urgensi Pedoman Mengadili Perkara Difabel Berhadapan dengan Hukum

Solider.id, Mataram- Upaya pemenuhan hak difabel dalam bidang hukum masih mengalami banyak hambatan. Akibatnya hak difabel belum dapat terjamin ketika berhadapan dengan hukum. Hal tersebut menjadi latarbelakang PUKAT dan PKBH UGM menyelenggarakan Focus Group Discussion di Hotel Santika Mataram pada Selasa (8/9/2020).

Oleh-oleh ICDDA 2019, Progress Pergerakan Difabel Patut Disyukuri Sen, 30/09/2019 - 10:00

pada 24 hingga 25 September 2019, saya berkesempatan untuk menghadiri Internasional Conference on Disability and Diversity In Asia (konferensi internasional tentang difabel dan keberagaman di asia).

Difabelitik
Berita

Kelompok Difabel Mitra Sehati Siap Kawal Advokasi untuk Perubahan

Solider.id, Gunungkidul- Memiliki jumlah difabel sebagai bagian dari kelompok rentan difabel yang banyak, membuat Kabupaten Gunungkidul menjadi salah satu sasaran program Advokasi Untuk Perubahan ke tiga atau Advocating for Change 3 (AFC 3) yang diprakarsai Humanity and Inclusion (HI), Center for Improving Qualified Activities in Life of People with Disabilities (CIQAL) dan dan Perkumpulan Idea.

Forum Advokasi Lepra Cirebon Lahir dari Krisis Stigma dan Diskriminasi Sen, 04/02/2019 - 11:08

Komunitas orang yang mengalami kusta/lepra masih mengalami serangkaian stigma dan diskriminasi.

Berita
Luluk Coba Toilet Umum Akssesibel Sebagai Bahan Advokasi Di Daerahnya Rab, 15/08/2018 - 11:54

Description: LulukSolider.id, Yogyakarta - Toilet mewah yang berada dibawah tanah berstandar internasional berada di Jalan Senopati Yogyakarta tepatnya di depan gedung Bank Indonesia. Para wisatawan dan warga sudah banyak berdatangan untuk mencobanya. Toilet bawah tanah tersebut telah dibuka untuk umum sejak Januari 2018.

Berita
Jalan Panjang RPP Akomodasi yang Layak bagi Difabel dalam Peradilan Rab, 18/04/2018 - 11:52

Solider.id, Yogyakarta- Difabel di Indonesia seringkali terdiskriminasi dari segala sisi kehidupan. Salah satunya dari sisi hukum yang belum memberikan akomodasi layak bagi difabel.

Selain bersinggungan dengan masalah klasik seperti fasilitas lembaga peradilan yang tidak aksesibel, difabel juga mengalami hal krusial yang lagi-lagi tidak menguntungkan mereka: perspektif hukum yang diskriminatif.

RPP UU Disabilitas
Berlangganan advokasi
The subscriber's email address.