Lompat ke isi utama

NPC DIY Jaring Atlet Melalui Pekan Paralympic Daerah Solider

Solider.or.id.Yogyakarta. Pekan Paralimpik Daerah (Peparda) tingkat Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) akan digelar pada bulan Oktober 2017 mendatang. Kegiatan yang pertama kali dilakukan oleh NPC DIY tersebut merupakan ajang penjaringan atlet dan penajaman prestasi atlet hadapi kejuaraan baik di tingkat nasional maupun internasional.

“Peparda merupakan sebuah langkah NPC DIY menjadi lebih baik, yakni dengan cara menjaring atlet-atlet baru (regenerasi) sebagai salah satu tujuan. Peparda juga dapat menjadi tolok ukur kekuatan atlet jelang Kejuaraan Nasional (Kujurnas), yang akan dilangsungkannNovember tahun ini,” Ungkap Ketua NPC DIY, Hariyanto usai acara syawalan yang berlangsung di Pendopo BPO, Minggu (23/7/2017).

Lanjutnya, pembinaan atlet sejak dini menurut dia harus dilakukan. Sehingga dengan Peparda akan ditemukan atlet baru di kabupaten/kota yang akan memperkuat NPC DIY menghadapi berbagai kejuaraan baik tingkat nasional maupun internasional.

Pertandingkan 10 Cabor

Adapun terkait dengan cabang olahraga (cabor) yang akan diperlombakan dalam Peparda, menurut Haryanto terdapat 10 cabor. Kesepuluh cabor tersebut yakni:  angkat berat, atletik, bulu tangkis, catur, panahan, tenis meja, tenis lapangan, voli duduk putra dan putri, goal ball, dan renang.

“Kesepuluh cabor tersebut merupakan cabor yang diikuti NPC DIY dalam Peparnas 2016 di mana telah menyumbangkan 139 kejuaraan yang mengantar DIY menjadi peringat sembilan besar pada Peparnas 2016. Demikian pula akan diikutkan  pada Peparnas 2020 mendatang,” ujar Hariyanto pada Solider.

Hal serupa diiyakan oleh Bidang Pembinaan Prestasi (Binpres) NPC DIY Antok Suhartanto. Bahwa Peparda akan menjadi ajang pencarian bibit baru, ajang penjaringan atlet, dan penajaman prestasi atlet hadapi berbagai kejuaraan. Kegiatan terdekat adalah Kejurnas yang akan berlangsung pada November tahun ini, kemudian Peparnas XVI yang akan dilangsungkan di Papua 2020,”

Mekanisme Ikuti Peparda

“Peparda lanjut Antok dapat diikuti oleh siapa saja, baik itu atlet baru yang belum pernah mengikuti pertandingan dan belum bergabung dengan NPC, maupun atlet yang pernah atau sering mengikuti berbagai event pertandingan.

Mekanisme dan cara pendaftaran saat ini sedang dalam pembahasan, jelas Antok. Namun demikian Antok menambahkan bahwa bagi atlet baru yang belum bergabung dalam NPC kabupaten/kota dan hendak mendaftarkan diri sebagai peserta dalam Peparda, mekanime mendaftar dapat menghubungi pengurus NPC kabupaten/kota.

Nama dan nomor telpon berikut adalah pengurus di wilayah (kabupaten/kota) yang dapat dihubungi guna mendaftar dan mengakses berbagai informasi seputar Peparda dan lain sebagainya. Widi Haryanti pengurus NPC Yogyakarta pada nomor : 0819-3177-1475 , Nomer: 0819-3179-7091 atas nama Widi Nuryanto NPC Kulon Progo, Untung Subagyo NPC Gunung Kidul  di nomor: 0818-467-951 dan nomor: 0815-7888-6306 Mohammad Syamsudin NPC Sleman, serta nomor 0856-0199-9635 Sihmanto NPC Bantul.

 

The subscriber's email address.