Lompat ke isi utama

DMC Suarakan Inklusi Lewat Konvoi Budaya

Solider.or.id, Yogyakarta. Diffable Motorcyclist Community (DMC) atau komunitas sepeda motor roda tiga yang beranggotakan difabel daksa Yogyakarta, ikut berpartisipasi dalam rangkaian acara tahunan yang digelar pihak dinas Kebudayaan provinsi DIY pada Minggu siang (30/4) di Puro Pakualaman. “Konvoi ini jadi kesempatan bagi kita untuk menyuarakan inklsui sebagai budaya ke masyarakat Jogja,” tutur I Made Sudana salah satu peserta sekalugus anggota DMC kepada Solider usai konvoi selesai.

Pukul sepuluh siang di Taman Budaya Yogyakarta, para anggota DMC berkumpul untuk mempersiapkan konvoi, mulai dari merias diri mirip seperti para tokoh Punakawan dalam legenda mitologi jawa. Setelah itu sekitar pukul satu siang mereka menuju halaman gedung Benteng Vredeburg, untuk kemudian kepala dinas Kebudayaan Provinsi melepas para peserta melakukan konvoi menuju Puro Pakualaman.

Sepanjang perjalanan, peserta konvoi menyuarakan yel-yel dengan nada gubahan dari lagu Garuda di Dadaku “DMC semangatku, inklusi perjuanganku, kuyakin suatu hari pasti bisa”. Made sapaan akrab dari I Made Sudana mengatakan, yel-yel itu bukan sembarang yel-yel. “Perhatikan liriknya dengan benar,” katanya “yel-yel itu adalah sebuah harapan adanya sebuah inklusi sebagai budaya yang menjunjung tinggi kesetaraan, tanpa melihat perbedaan”.

Made juga bertutur yel-yel dan konvoi mereka terdengar oleh masyarakat jogja yang menyaksikan di sepanjang jalan. Selain itu, ia sebagai peserta konvoi bisa melihat-lihat sejauh mana aksesibilitas kota yang terkenal dengan kota nyaman tersebut. “Mulai dari jalan trotoar yang diparkiri motor, halte busway, dan lainnya,” tambahnya.

Supriyatno juga salah satu peserta konvoi mengaku, banyak yang ia dapat dari konvoi yang tidak diikuti sekira 20 anggota dan tujuh relawan tersebut. Ia menegaskan apa yang diutarakan Made bahwa konvoi budaya “secara tidak langsung teatrikal yang kita lakukan untuk menyentil masyarakat dan pemerintah Jogja,” pungkasnya.[Robandi]

The subscriber's email address.