Lompat ke isi utama

Gubernur DIY Berikan Penghargaan Atlet dan Pelatih Berprestasi

 

Solider.or.id.Yogyakarta. Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Sri Sultan Hamengku Buwono X memberikan penghargaan kepada atlet pelajar, atlet difabel, dan pelatih di bidang olahraga dan pekan paralimpic nasional (Peparnas) atas beberapa event lomba di tingkat nasional yang diselenggarakan pada tahun 2016.

Sebanyak 523 orang menerima penghargaan, 50 di antaranya adalah peraih juara I, II dan III, atlet difabel dalam Peparnas yang diselenggarakan di Bandung, September 2016. Penghargaan berupa piagam dan uang pembinaan kepada atlet Peparnas,diberikan kepada 50 difabel dalam 139 kejuaraan, disampaikan langsung oleh Gubernur DIY pada Selasa (25/4/2017), di Stadion Olahraga Among Rogo, Timoho, Yogyakarta, dalam brand acara “Anugerah Prestasi 2017. Meraih Juara Memandirikan Bangsa”.

Dalam sambutan pembukaannya, Sri Sultan mengatakan bahwa bangsa yang besar ditengarai melalui tiga indikator kemajuan, selain bidang ekonomi dan kekuatan militer, juga prestasi olahraganya. Karena itu, kemajuan olahraga juga merupakan elemen penting dalam pembentukan karakter unggul bangsa.

Suarakan penghargaan bukan kritik sumbang

Semua orang selama ini lebih banyak mengkritik orang lain,   tetapi lupa memberikan penghargaan. Memang benar, ada kritik yang membangun. Namun, seringkali kritik hanya seringkali menghancurkan harapan perbaikan.

Sedangkan sebuah penghargaan menurut Sri Sultan selalu mendoorong orang lain untuk melakukan hal lebih baik lagi. Semoga momentum hari ini menggugah kita agar lebih pandai menyuarakan penghargaan dan penghormatan ketimbang kritik sumbang yang menyurutkan semangat. Himbauan Sri Sultan kepada seluruh warga DIY.

Di akhir sambutannya Sri Sultan berharap, agar penghargaan yang diberikan Pemda DIY dimanfaatkan sebagai bentuk penyadaran akan arti pentingnya sebuah pencapaian pretasi olahraga yang menunjukkan tingginya peradaban suatu bangsa.

“Untuk itu mari kita selalu berusaha untuk lebih berprestasi dalamsemua aspek kehidupan berbangsa,” serunya. 

Penghargaan dan motivasi

Sementara Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Kadis Dikpora), Bagaskara Aji kepada Solider menjelaskan bahwa, agenda penyerahan hadiah kali itu khusus di bidang olahraga. Adapun penghargaan di bidang seni dan ilmu pengetahuan sudah disampaikan pada Desember 2016.

Adapun, pada penyerahan penghargaan kali ini pemerintah daerah (Pemda) DIY menyerahkan uang pembinaan sebesar 100 juta rupiah kepada peraih medali emas, 75 juta rupiah kepada peraih medali perak dan 50 juta kepada peraih medali perunggu.

Selain merupakan bentuk apresiasi kepada para atlet dan pelatih, penyampaian penghargaan juga dimaksudkan agar dapat  mendorong para atlet berprestasi terus pada event-event berikutnya, serta memotivasi generasi berikutnya untuk mengikuti jejak para seniornya.

Dia juga berharap penghargaan yang diberikan dapat merangsang dan menumbuhkan bakat-bakat prestasi pelajar, masyarakat pendidikan, dan generasi muda untuk mengasah kemampuan diri dan siap berkompetesi. Serta, membangun budaya berkompetisi positif di kalangan pelajar dan penyandang disabilitas untuk terus mengembangkan potensi di bidang olahraga.

Kepada masyarakat DIY yang memiliki anak difabel Bagaskara Aji menghimbau agar setiap orang tua bangga terhadap anaknya yang difabel. Mengajak untuk menggali bakat yang ada pada anaknya dan menjadi motivator bagi anak-anaknya.

Gali potensi anak

“Semua anak adalah anugerah. Dan setiap anak pasti memiliki potensi. Adapun potensi itu harus digali, tidak bisa ditunggu. Untuk itu mari bersama-sama memberikan kesempatan, menggali bakat anak-anak dan menjadi motivator bagi anak-anak difabel,” himbauannya.

Pada kesempatan tersebut Aji juga menginformasikan, bentuk dukungan yang diberikan Pemda DIY dalam memberikan kesempatan menggali potensi pada setiap anak tanpa kecuali anak difabel. Tempat-tempat latihan tersebut di antaranya ada di Sekolah Luar Biasa (SLB), Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), di lapangan Minggiran sebagai arena latihan panahan, serta para pengurus cabang olahraga DIY terbuka untuk memberikan pelatihan.

 

The subscriber's email address.