Lompat ke isi utama
scan ia

Transjakarta Care, Sebuah Upaya Perwujudan Transportasi Ramah Difabel

Solider.or.id,Jakarta -  Pada hari Selasa tanggal 17 april 2017 lalu Transjakarta mengadakan acara peluncuran Transjakarta Care. Hal ini merupakan   komitmen Transjakarta untuk pemenuhan kebutuhan transportasi bagi difabel. Salah satu moderator mengatakan “kami mengundang 300 orang datang berasal dari kalangan pendidikan, organisasi difabel dan pers di Balai kota”.

 Welfizon Yuza selaku Dirut Pengembangan dan Pelayanan Transjakarta menuturkan bahwa tujuan peluncuran ini adalah untuk mengenalkan Transjakarta Care bagi difabel yang baru disahkan oleh pihak Transjakarta pada tanggal 19 Oktober 2016 tahun lalu dan diresmikan   17 april 2017. Moda transportasi ini menyediakan layanan yang aksesibel bagi ddifabel dan lansia berupa unit busway dan Transjakarta Care. Yuza juga mengaku bahwa fihaknya sangat terinspirasi dari Diffa City yang ada di Yogyakarta yang telah menyediakan layanan ojek yang akses bagi difabel.

Bermula dari diskusi bersama komunitas difabel dalam advokasi  menciptakan transportasi yang ramah bagi difabel. Berbagai evaluasi muncul seperti fakta bahwa di Jakarta banyak difabel yang setiap hari membutuhkan layanan transportasi umum, namun selama ini haknya terabaikan.

   Transjakarta menyediakan jenis bus low entry yang tujuannya untuk memberikan akses bagi pengguna kursi roda untuk masuk ke dalam tanpa rintangan). Sementara itu, untuk halte ramah difabel sudah terdapat 75 di daerah DKI Jakarta, dan menyediakan petugas atau pendamping yang sudah diberikan training untuk membantu lansia dan difabel.

Dalam kesempatan tersebut, Yuza juga menjelaskan tentang prosedur mendapatkan kartu layanan gratis disingkat TJ card yang dimulai dari pengajuan permohonan pembuatan TJ Card dari komunitas difabel, pengumpulan data ( KTP dan pas foto ), tim transjakarta mendatangi lokasi untuk pengambilan data, proses pembuatan kartu TJ Card, bekerjasama dengan Bank DKI, dan jika tahap sudah selesai, maka TJ Card akan diserahkan kepada koordinator komunitaas difabel.  Dalam proses pembuatan Kartu layanan gratis membutuhkan 15 – 30 hari.

Transjakarta Care juga melayani  penjemputan di tempat tinggal difabel. Hal ini dapat dilakukan sehari atau dua hari sebelum keberangkatan. Untuk mengaksesnya dapat menghubungi 1500-102 dan melalui SMS 08111545001. Pemesanan dilayani sampai jam 4 sore.

Dalam sesi tanya jawab, salah satu difabel netra bernama Ikhwan  menyampaikan keluhan “di halte blok M itu kurang ramah. “padahal tahun 2016 sudah disahkan sebagai halte ramah untuk difabel dan saya memiliki kesulitan untuk menggunakan busway”. Hal itu  kemudian direspon oleh Yuza yang menyatakan akan mengusahakan untuk mengevaluasi kembali lagi. (Dina Fahima)

  

The subscriber's email address.