Lompat ke isi utama

Softskill Training Bekali Difabel Netra Untuk Mandiri

solider.or.id, Semarang - Dinas Sosial Kota Semarang mengadakan pelatihan softskill bagi  difabel netra. Kegiatan diadakan pada (23/03/2017) di Wisma Bhakti YPAC, Jl. Ahmad Dahlan 14 Semarang, dengan mengangkat tema “Dalam Keterbatasan Membangun Kemandirian”. Pelatihan diikuti oleh 60 orang difabel netra yang masing-masing merupakan anggota  Pertuni, ITMI dan Komunitas Sahabat Mata.

Acara dibuka oleh Kepala Dinas Sosial Kota Semarang, Tommy Y. Said ditandai dengan penyematan tanda peserta pada peserta tertua dan peserta paling muda.

Kegiatan juga dihadiri oleh ketua YPAC Kota Semarang, Kepala Bidang Rehabilitasi Sosial Kota Semarang, Pimpinan BNI Cabang Semarang, Kasie Rehabilitasi Sosial Penyandang Disabilitas Kota Semarang serta Ketua DPD Pertuni Jateng.

Dalam sambutannya, Kepala Dinas Sosial Kota Semarang mengatakan bahwa pelatihan dimaksudkan untuk memberi bekal pada difabel netra agar lebih siap secara mental dan spiritual dalam mengembangkan bakat sehingga menjadi pribadi yang mandiri dan terampil untuk dapat menghidupi diri dan keluarga.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial Kota Semarang, Tommy Y. Said juga menjelaskan beberapa tujuan diselenggarakannya pelatihan softskill.

“Pelatihan diharapkan menjadi wadah bimbingan mental, sehingga  difabel netra mampu mengelola usaha dengan manajemen yang tangguh dan siap saing dengan usaha sejenis. Pelatihan ini juga diharapkan menjadi sarana komunikatif untuk difabel netra dalam bersosialisasi meskipun dengan kondisi yang berbeda.” Ujarnya.

Kegiatan yang diadakan selama dua hari ini menyajikan materi tentang perubahan mindset yang diisi dengan beragam permainan,  pengantar manajemen poin, manajemen keuangan panti dan pembuatan laporan keuangan sederhana dengan komunikasi efektif dan marketing panti. (Yanti)

The subscriber's email address.