Lompat ke isi utama

Partisipasi Aktif Difabel pada Pilwali 2017 Dorong Pemilu Inklusif

 

Solider.or.id.Yogyakarta.Partisipasi politik secara aktif (keterlibatan) pemilih difabel dalam proses pelaksanaan Pemilihan Walikota (Pilwali) 2017 diyakini akan memberikan dampak positif, terhadap terselenggaranya  Pemilu Inklusif di kota Yogyakarta.

Hal tersebut diungkapkan oleh Agus Yasin Ketua Pantia Pengawas (Panwas) kota Yogyakarta, pada acara sosialisasi pengawasan partisipatif penyandang disabilitas, yang diselenggarakan oleh Panwas Pemilihan kota Yogyakarta, di Hotel Pesonna, Jl. Gadean No. 3 Yogyakarta, Kamis (26/1/2017).

Partisipati tidak hanya sebagai pemilih pada saat pencoblosan saja, kata Agus. “Teman-teman difabel sebaiknya mulai terlibat aktif sejak sosialisasi, selama proses kampanye oleh pasangan calon (paslon) hingga pelaksanaan pencoblosan,” himbaunya.

Pelanggaran-pelanggaran yang ditemukan dapat dilaporkan ke Panwas Pemilihan KotaYogyakarta melalui telepon, Short Message Service (SMS), maupun WhatsAap (WA) ke nomor 0857-2534-9474.

Menanggapi jenis pelanggaran yang dapat dilaporkan Agus menginformasikan, “Apabila ditemukan adanya money politics (politik uang), intimidasi (paksaan) memilih salah satu paslon, Tempat Pemungutan Suara (TPS) tidak akses, maupun pelanggaran lainnya, segeralah melaporkan kepada kami,” tegasnya.

Dokumentasi Video Pilwali 

Terkait pelibatan partisipasi aktif pemilih difabel, menurut Agus,Panwas Kota Yogyakarta sebagai lembaga yang bertugas mengawasi Proses Pilwali Kota Yogyakarta sudah berkomunikasi dengan Kelompok Pelaksana Pemungutan Suara (KPPS) terkait dengan lokasi TPS, desain TPS akses, serta tata cara dan aturan pendampingan bagi difabel di TPS.

Panwas Kota Yogyakarta dalam programnya juga merencanakan pembuatan dokumentasi berupa video rekaman pelaksanaan Pilwali pada beberapa TPS yang sudah ditentukan. Dokumentasi diharapkan dapat menjadi sumber belajar, sumber evaluasi pelaksanaan pemilu di kota Yogyakarta.

Sosialisasi tersebut sebagai bentuk tanggung jawab Panwas Kota Yogyakarta dalam memberikan  pemahaman kepada pemilih difabel untuk berpartisipasi aktif dalam pengawasan, karena semua masyarakat tidak terkecuali difabel mempunyai hak untuk ikut berpartisipasi dalam pengawasan Pilwal Kota Yogyakarta 2017. ***

The subscriber's email address.