Lompat ke isi utama
Jurnalisme warga di Desa Sidorejo

Jurnalisme Warga Kenalkan Potensi Desa Inklusi

Solider.or.id, Yogyakarta- Sasana Integrasi dan Advokasi Difabel (SIGAB) untuk pertama kalinya mengenalkan jurnalisme warga kepada kader Rintisan desa inklusi (RINDI) dan Karang Taruna dari desa Sidorejo dan Gulurejo pada Jumat siang (15/1). Bertempat di balai desa Sidorejo, acara tersebut bermaksud untuk memahamkan kepada masyarakat tentang sistem informasi desa. Dimana warga bisa mengenalkan potensi desanya di tengah arus informasi, ”Dan tentunya masyarakat melek informasi,” terang Kuni Fatonah salah satu Koordinator Program RINDI.

Kuni Fatonah menuturkan pengenalan jurnalisme warga merupakan bagian dari proram RINDI dalam tindak lanjut dari rencana pencanangan Sistem Informasi Desa (SID) yang mulai disosialisasikan kemarin. “Jurnalisme warga ini, juga akan berlanjut beberapa sesi dalam minggu kedepan,” lanjutnya.

Solikhin salah satu peserta mengakui belum memahami Jurnalisme Warga. Ia baru pertama kali mengikuti kegiatan yang berkaitan dengan pengembangan sistem informasi desa ataupun jurnalisme warga. Namun, ia merasa kegiatan tersebut menjadi semangat baru di desanya. “Karena selama ini informasi belum tertata juga, jadi sepertinya memang menarik,” katanya.

Sebagai salah satu anggota dari karang taruna, selama ini Solikhin telah mengembangkan informasi desa melalui jejaring sosial seperti Facebook, Twiiter, dengan pengorganisiran menggunakan aplikasi yang sedang berkembang. “Tapi itu belum maksimal,” pungkasnya.[Andy R]

The subscriber's email address.