Lompat ke isi utama
Pembentukan family supporting group Kecamatan Mojolaban

Kecamatan Mojolaban Bentuk Pendampingan Difabel Berbasis Keluarga

Solider.or.id, Sukoharjo-  Kecamatan Mojolaban Sukoharjo membentuk kelompok pendampingan keluarga bagi orangtua anak berkebutuhan khusus pada Selasa (27/10). Pembentukan tercebut difasilitasi oleh United Cerebral Palsy (UCP) Roda untuk Kemanusiaan bekerja sama dengan RBM Sehati dan melibatkan 20 orangtua ABK.

Winarni, fasilitator dari RBM Sehati mengharapkan ke depan pertemuan diagendakan seminggu atau sebulan sekali. Sedangkan dr. Gunawan menyatakan bahwa Puskesmas Mojolaban telah memberikan layanan khusus hari Jumat bagi difabel yang khusus memerlukan terapi. Puskesmas juga memfasilitasi bagi warga pemegang Jamkesda untuk dirujuk di rumah sakit bagi yang akan melakukan perawatan lebih lanjut.

Di depan orangtua ABK, Nina dari UCP Yogyakarta menyatakan bahwa para anggota family supporting group (FSG) adalah orangtua terpilih karena tidak semua orangtua dengan ABK bisa terakomodir. Pihaknya juga melakukan program tersebut, selain di Kecamatan Mojolaban adalah di Grogol dan Polokarto.

Budi Utami, kader RBM Sehati kepada Solider mengatakan jika di Kecamatan Mojolaban yang paling responsif di antara dua kecamatan lainnya. "Karena dihadiri langsung oleh Camat, istri camat sebagai ketua RBM dan Kepala Puskesmas,"terangnya.

The subscriber's email address.