Lompat ke isi utama
Pemilu untuk difabel. Sumber; solider.or.id

Perwakilan Difabel di Sukoharjo Ikuti Sosialisasi Pilkada 2015

Solider.or.id, Sukoharjo - Divisi Sosialisasi dan Pendidikan Pemilih KPU Sukoharjo dan Paguyuban Difabel Sehati mengadakan sosialisasi pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Sukoharjo 2015. Acara yang diikuti kurang lebih 30 penyandang disabilitas wakil dari 12 kecamatan di Sukoharjo ini diadakan di Kantor LBK Sukoharjo (Sekretariat Sehati) pada Senin (28/9/2015).

Agenda acara diisi oleh sosialisasi Pilkada dari KPU dan Simulasi proses pencoblosan bagi pemilih difabel netra, daksa dan rungu. Mulai dari mengambil kertas suara, menuju bilik, pencoblosan, pelipatan, memasukkan ke kotak suara hingga pencelupan jari ke tinta.

“Sosialisasi ini diadakan dalam rangka untuk meningkatkan peran dan partisipasi politik difabel dalam pelaksanaannya. Karena difabel juga punya hak yang sama untuk memilih dan dipilih, maka pemenuhan perangkatnya juga harus aksesibel dan mudah, misal model kertas suara bagi difabel netra,” ungkap Edy Suprianto, Ketua Sehati. Ia berharap peserta juga akan mensosialisasikan segala kebutuhannya di kecamatan masing-masing.

“KPU Sukoharjo akan terus mengakomodasi membenahi dan melengkapi segala kebutuhan yang aksesibel bagi pemilih difabel, mulai dari lokasi pencoblosan bagi pengguna kursi roda, model kertas suara bagi tunanetra dan mendahulukan memilih bagi penyandang disabilitas,” ungkap Drajat, dari KPU Sukoharjo. Menurut Drajat “Pilkada 2015 hendaknyan dimanfaatkan sebaik-baiknya, harus aktif jangan pasif”.

Ketika ditanya oleh Solider mengenai bakal calon Bupati dan Wakil Bupati Sukoharjo, dikatakan oleh Drajat bahwa enyandang disabilitas adalah pemilih yang mandiri, maka hendaknya dicermati ide, visi, misi dan program bakal calonnya.

(Saifuddin Hafiz)

The subscriber's email address.