Lompat ke isi utama
Khofifah menemui Rizki di kamarnya.

Mensos Khofifah Indar Parawansa Kunjungi Dua Difabel di Sukoharjo

Solider.or.id, Sukoharjo- Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa mengunjugi Rizky Ridhadilla (17) difabel cerebral palsy (CP) beralamat di Dusun Bamban  Rt 01/02 Kelurahan Kartasura. Rizky masuk dalam kategori Orang Dengan Kecacatan Berat (ODKB) namun belum menerima bantuan dari Kemensos.

Di depan kerumunan wartawan dari media cetak, elektronik dan online, Khofifah berjanji bahwa bantuan untuk Rizky akan terkaver di tahun 2016 nanti lewat Program Keluarga Harapan (PKH)

. “Bahwa aturan baru nanti 164 ribu ODKB supaya pemerintah mengasistensikan. Ini inisiatif baru dan kita sedang menyisir data, salah satunya dengan berkunjung seperti ini. PKH merupakan bantuan bersyarat termasuk bagi lansia yang kurang mampu dan berusia 70 tahun. Mulai jalan per 1 September  kemarin dan proses rekruitmen pendamping PKH sudah dilkakukan,”terang Khofifah Indar Parawansa yang didampingi oleh Nahar, Direktur ODKB Kemensos.

Emi, petugas  Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) Kartasura mengatakan jika Rizky belum mendapat bantuan oleh sebab kuota Kabupaten Sukoharjo untuk bantuan kepada ODKB hanya berjumlah 65 orang. Sementara ini menurut Emi, sejumlah 80 ODKB yang sudah terdata memerlukan bantuan.

 “ Dan itu jumlahnya mungkin masih bisa bertambah. Rizky baru kami temukan datanya seminggu lalu. Karena jika kuota, maka selama ini kami mengajukan bantuan jika ada yang sudah meninggal, kemudian kami ajukan nama baru,”tutur Emi.

Usai mengunjungi Rizky Ridhadilla dan menghadiri sebuah acara di IAIN Surakarta, Khofifah mengunjungi Riyanto (30) ODKB di desa Gatak, Trangsan Sukoharjo. Riyanto  penerima bantuan ODKB dari Kemensos dan selama ini bantuan tersebut diambil oleh ibunya. Di depan sang ibu, Khofifah mengatakan jika ibunda Riyanto juga berhak untuk menerima bantuan PKH karena kurang mampu dan berumur lebih dari 70 tahun. Kepada keluarga dan petugas TKSK Khofifah menanyakan kartu bantuan ASODK yang merupakan penanda bahwa Riyanto telah menerima bantuan dari Kemensos.  

The subscriber's email address.