Lompat ke isi utama
KPU Sleman umumkan daftar pemilih sementara.

KPU Sleman Belum Tampilkan Data Pemilih Difabel

Solider.or.id.Sleman- Daftar Pemilih Sementara (DPS) pemilihan bupati dan wakil bupati Sleman 2015 belum secara khusus menampilkan data pemilih difabel. Hal tersebut diketahui saat rapat pleno Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sleman, Rabu (3/9) di Jalan Merbabu no 19.

Ahmad Sidqi, Ketua KPU Sleman mengatakan bahwa DPS warga Sleman tercatat sejumlah 378.597 orang.

 “DPS yang diumumkan dalam rapat pleno ini memang data umum, belum secara khusus menampilkan data pemilih difabel. Data pemilih difabel akan diumumkan setelah dilakukan pemutakhiran data pemilih oleh petugas, dan akan diumumkan dalam daftar pemilih tetap (DPT) setelah pemutakhiran data 9-19 September 2015. Saat ini data pemilih difabel masih menjadi data internal KPU,” ujarnya pada Solider.

 “Memang benar data rinci pemilih difabel itu sangat penting, karena akan membantu KPU dalam menyiapkan aksesibilitas, pendistribusian template bagi difabel netra, juga bermanfaat saat pembuatan tempat pemungutan suara (TPS), sehingga TPS nantinya ramah buat difabel,” katanya.

Jury Bahasa Isyarat pada Debat Cabup dan Cawabub

Sidqi juga mengatakan, bahwa saat ini KPU sedang membuka peluang kerja sama dengan intrepeter bahasa isyarat untuk debat terbuka calon bupati (Cabub) dan calon wakil bupati (Cawabup), yang akan dilaksanakan pada 25 September mendatang.

Di akhir wawancara Sidqi juga mengatakan, selain template bagi difabel netra, KPU Kabupaten Sleman juga mempersiapkan buku braille yang berisi profil dan visi-misi cabub-cawabub.

The subscriber's email address.