Lompat ke isi utama
Bimbingan teknis KPU

KPU Kota Surakarta Adakan Bintek Penggerak Partisipasi Pilkada

Solider.or.id, Surakarta -Dua puluh lima anggota Tim Penggerak Partisipasi (Gerak Pasti) Pilkada serentak 9 Desember, lima di antaranya dari segmen masyarakat difabel mengikuti Bimbingan Teknis (Bintek) yang diadakan oleh KPU Kota Surakarta pada 28-30 Agustus 2015 di Hotel Azisa. Bintek diselenggarakan dengan tujuan untuk memfasilitasi para relawan ketika mereka terjun ke masyarakat dalam rangka sosialisasi terkait dengan teknis Pemilu seperti saat-saat masa kampanye di antaranya  berupa menjawab pertanyaan-pertanyaan dari masyarakat.

 “Bintek kali ini kami lakukan secara inklusif, setara dan tidak membedakan antara segmen satu dengan yang lainnya. Soal aksesibilitas, nanti akan kita lihat saat bimbingan praktik yang akan kami selenggarakan malam nanti. Untuk hal-hal terkait pengetahuan dan pemahaman, kami akan banyak bertanya kepada relawan difabel,”ujar Agus Sulistyo Ketua KPU Kota Surakarta saat dijumpai oleh Solider, Sabtu (29/8).

Salah satu materi Bintek diberikan oleh anggota KPU Surakarta Nurul Sutarti tentang fasilitas vibran. Fasilitas vibran adalah proses penuh antusiasme membantu kelompok menciptakan dipulihkan baru terbaiknya dengan taat pada nilai-nilai keagungan insan. Media Bintek tak hanya berupa materi tulisan terkait fasilitasi dan kepemimpinan namun juga dengan media pemutaran film. Hal ini dilakukan agar fasilitasi lebih efektif.

Estiono, salah seorang relawan Gerak Pasti mengatakan bahwa Bintek sangat berguna sebagai pembekalan bagi relawan. Menyangkut tentang kebutuhan tuli, Estiono mengatakan bahwa keterwakilan tuli pada Bintek diikuti oleh salah seorang penerjemah bahasa isyarat yang bergabung dalam Deaf Volunteer Organization. .

 

The subscriber's email address.