Lompat ke isi utama
ODM Mlati Sleman sedang berdiskusi pengelolaan organisasi

Organisasi Difabel Mlati Diskusi Pengelolaan Lembaga

Solider.or.id, Yogyakarta - Menyambut hari kemerdakaan Republik Indonesia ke-70, Organisasi Difabel Mlati (ODM) berdiskusi pengelolaan organisasi dengan dukungan dari Center for Improving Qualified Activity in Life of People with Disability (CIQAL). Kegiatan ini diakan di Youth Centre Balai Pemuda dan Olahraga Sleman Yogyakarta dengan dihadiri oleh 26 peserta pada Senin (17/8/15).

“Setelah ODM belajar Penguatan Organisasi pada pertemuan sebelumnya bersama Bu Tutik, pada kesempatan ini merupakan tindak lanjut dengan tema Pengelolaan Organisasi”, sambut Doddy Kurniawan selaku ketua ODM.

“ODM merupakan organisasi tingkat kecamatan yang paling aktif dan paling eksis partisipasinya diantara 17 kecamatan lain yang CIQAL dampingi. Bahkan kemarin ada warga dari kecamatan Ngaglik dan Moyudan yang iri sama ODM karena partisipasinya. Jadi saya berharap ODM bisa semakin maju dan ke depannya bisa vokal menyuarakan advokasi hak-hak difabel kepada pemerintah”, jelas Nuning Suryatiningsih perwakilan CIQAL.

Nuning juga berharap kelak ODM bisa menjadi pilot project daripada kecamatan yang lain yang belum memiliki organisasi. Kemudian, Nuning menghimbau agar warga difabel Mlati tidak selalu mengharap diberi bantuan jika ada kegiatan organisasi atau pendataan. Menurutnya, bentuk pemberdayaan dan keterampilan harus direspon sebagai suatu hal yang bermanfaat untuk masa depan.

“Dalam organisasi, pengelolaan keuangan itu vital. Kalau mau buat organisasi baik, pastikan pengelolaan keuangannya lancar. Keuangan dalam organisasi itu seperti darah dalam tubuh manusia. Organisasi kalau nggak ada uang ya nggak berjalan. Keuangan bisa dikelola dengan baik kalau ada tujuan yang jelas. Kalau perencanaan baik artinya harus bisa dilakukan. Kalau cuma rencana, artinya tidak baik. Rencana disesuaikan dengan kemampuan, jangan hanya nafsu dan tidak mengukur dengan kondisi yang ada”, jelas Tata Taufik selaku fasilitator. (Ramadhany Rahmi)

The subscriber's email address.