Lompat ke isi utama
Kampanye Hari Anak Nasional di Solo

Kampanye Hari Anak Nasional di Solo: Kembalikan Hak Anak

Solider.or.id, Surakarta- Puluhan relawan yang terdiri dari mahasiswa dan anak, anggota Forum Anak Surakarta bekerja sama dengan Solidaritas Kapas dan Republik Aeng-Aeng mengadakan kampanye Hari Anak Nasional (HAN) dengan membagikan balon-balon berisi harapan anak Indonesia pada Kamis (23/7) di Tugu Nol Kilometer depan Balai Kota Solo.

Dalam keterangan di hadapan para awak media, FX. Hadi Rudyatmo wali kota Solo mengatakan bahwa pihaknya telah berusaha untuk memenuhi hak-hak anak di Solo seperti hak hidup dan berkembang, “Kita bangun Monumen Banjarsari, lalu Plaza Manahan yang ada tempat bermain anak-anak. Ke depan jika Tuhan mengijinkan, kita minta Beteng Vastenburg dikembalikan ke negara dan kita bangun taman hutan kota dan tempat bermain anak-anak. Itu luar biasa,”tutur FX. Hadi Rudyatmo.

Koordinator Sahabat Kapas, Dian Sasmita mengatakan bahwa tujuan acara adalah untuk mengkampanyekan kepada masyarakat luas terutama untuk orang-orang dewasa terkait hak-hak anak. Karena merekalah orang dewasa yang sepoatutnya melaukan pemenuhat hak anak. Lingkungan terkecil adalah keluarga. “Bagaimana menghindarkan kekerasan kepada anak-anak mereka, memberikan kasih sayang dan perhatian yang penuh agar perkembangan mereka maksimal. Hak-hak anak masih banyak, tapi belum optimal. Masih banyak kasus kekerasan menimpa anak-anak,”ujar Dian Sasmita.

“Perhatian kepada Anak Berkebutuhan Khusus masih kurang. Sekolah inklusi pun juga terbatas. Fasilitas untuk ABK pun masih sangat kurang, seperti taman bermain. Banyak taman baca yang tidak aksesibel untuk ABK. Inilah yang juga kita dorong agar hak anak juga menyentuh untuk ABK,”pungkas Dian Sasmita kepada Solider.

 

The subscriber's email address.