Lompat ke isi utama
Fasilitator dan kontributor Solider berdiskusi bersama

Jurnalisme Naratif, Materi Baru Pelatihan Kontributor Solider

Solider.or.id, Yogyakarta – Divisi Media Sasana Integrasi dan Advokasi Difabel (SIGAB) selenggarakan pelatihan jurnalistik bagi kontributor solider.or.id pada 8 hingga 12 Juni 2015 silam. Kegiatan yang sudah berlangsung tigakali selama solider berdiri ini diikuti oleh hampir seluruh kontributor yang aktif menulis dari berbagai kota di Indonesia.
Brita selaku redaktur pelaksana solider menjelaskan bahwa konten acara pada training ini relatif baru. “Jika pada training jurnalistik satu lebih berfokus pada dasar-dasar jurnalistik dan training jurnalistik kedua lebih berfokus ke indepth riporting, maka kali ini kita mencoba memperkenalkan kepada teman-teman pada jurnalisme naratif.

Brita juga mengatakan “secara umum acara ini berlangsung sukses sebab tulisan yang dihasilkan teman-teman sangat bagus, mungkin nanti akan naik semua ke solider dan tulisan-tulisan individu teman-teman itu akan saya minta untuk dikirim lagi”. Hal serupa juga sempat dipaparkan oleh Fahri Salam, salah satu fasilitator yang juga menyatakan bahwa untuk ukuran pemula dan bagi teman-teman yang sama sekali belum pernah mengerjakan jurnalisme naratif, hasil ini sudah luar biasa.

“Acara ini cukup menarik dan mengesankan, kami dapat saling bersilaturahim dan bahkan saling mengenal sesama kontributor. Tadinya kami hanya saling mengenal dan berinteraksi melalui dunia maya saja,” tutur Zulhamka Kadir, kontributor dari Bandung. (Ajiwan Arief)

 

The subscriber's email address.