Lompat ke isi utama
Linting_kertas

Difabel Yogyakarta Belajar Linting Kertas

Solider.or.id.Yogyakarta. Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dinsosnakertrans) kota Yogyakarta, bekerja sama dengan Forum Komunikasi Keluarga Anak dengan Kedisabilitasan (FKKADK) dan Tenaga Kerja Sosial Kecamatan (TKSK), membuka pelatihan keterampilan linting kertas bagi difabel usia produktif  (18 – 45) pada akhir April lalu..

“Pelatihan tersebut merupakan bentuk perhatian pemerintah kota dalam memandirikan difabel. Dengan harapan difabel usia produktif benar-benar bisa mandiri, tidak menjadi beban orang tua dan atau keluargany,” ungkap Okto Noor Arafat, Kepala Bidang Rehabilitasi dan pelayanan Sosial Dinsosnakertrans Kota Yogyakarta pada Solider, di sela-sela agenda penyusunan indikator kota inklusi, yang telah berlangsung di Hotel Rosalia Indah.

Menciptakan Pasar bagi Karya Difabel

Menjawab soal market hasil karya produk difabel peserta pelatihan, Octo mengatakan “Pemasaran akan dilakukan di kantor-kantor pemerintah kota Yogyakarta, khususnya Dinsosnakertrans akan menjadi pasar pertama yang akan menggunakan produk hasil karya difabel peserta pelatihan.”

“Hasil linting kertas akan dibentuk menjadi tempat pensil, tempat tisu, maupun pigura. Di atas meja kantor, pasti ada tempat tisu dan pensil, sehingga kedua produk itu pasti akan banyak manfaatnya,” lanjut Octo.

Pelatihan Khusus bagi Difabel Kota Yogyakarta

Berhasil dihubungi melalui telepon, Ketua FKKADK Kota Yogyakarta, Elisabet Titik Arianti mengatakan, “Pelatihan diperuntukkan bagi difabel kurang mampu dengan berbagai kedifabelan. Syarat lainnya adalah difabel merupakan penduduk kota Yogyakarta, khusus bagi difabel mental retardasi (MR), disyaratkan yang mampu latih.

Lebih lanjut Titik menyampaikan, “Dengan pelatihan tersebut diharapkan difabel menjadi terlatih, memiliki keterampilan, mampu menghasilkan produk, sehingga menjadi difabel yang mampu mandiri. Peran orang tua dan keluarga dalam memberikan dukungan, dorongan serta pemahaman pentingnya kemandirian difabel  sangat dibutuhkan.”

Pelatihan keterampilan linting kertas angkatan I, akan dimulai pada 25 Mei 2015. Berlangsung selama 12 hari, mulai jam 08:00 – 15:00 WIB, bertempat di Balai RW 07, Jl. Ontorejo, Wirobrajan, Yogyakarta. 

The subscriber's email address.