Lompat ke isi utama
SIF bersama jajaran Biro Administrasi Kerja Sama Pemerintah

Singapore International Foundation Siapkan Propgram Pendidikan Anak Difabel Jawa Timur

 

Solider.or.id, Surabaya- Singapore International Foundation (SIF) telah mempersiapkan program untuk menangani anak difabel di Jawa Timur pada tahun 2015. Program ini merupakan hasil dari dorongan Biro Administrasi Kerja Sama Pemerintah Provinsi Jawa Timur sebagai bentuk perhatian terhadap difabel di Jawa Timur.  

Hal ini disampaikan dalam pertemuan koordinasi antara Biro Administrasi  Kerjasama, dalam hal ini Subbag. Kerjasama dengan Lembaga Internasional, dengan perwakilan delegasi SIF yang hadir di Ruang Pertemuan Biro Administrasi Kerjasama di Kantor Sekretariat Daerah Pemprov Jatim, Jl. Pahlawan Surabaya. Pertemuan selama sekitar 2 jam tersebut membahas berbagai kerjasama yang telah dilakukan oleh SIF bersama Pemprov Jatim dan yang akan dilakukan pada tahun 2015. Salah satunya adalah program untuk pendidikan khusus.

Untuk pendidikan khusus, Joanne selaku perwakilan SIF menjelaskan bahwa Singapura berkomitmen untuk berbagi kemampuan dan pengalaman tentang bagaimana menangani pembelajaran anak-anak difabel.

Singapura memiliki cukup banyak ahli dalam terapi wicara dan terapi okupasi yang bisa dibagikan kepada beberapa sekolah di Jawa Timur.”, jelasnya. Melalui program ini, tambahnya, diharapkan dapat dilakukan pendampingan tentang bagaimana melakukan terapi kepada anak berkebutuhan khusus dan kemudian dilakukan pelatihan dan juga dimungkinkan adanya studi ke Singapura.

Adji Arnowo SIP, MAP selaku Kepala Sub Bagian Kerja Sama dengan Lembaga Internasional menjelaskan bahwa pendidikan khusus dan inklusif sangat memerlukan dukungan program karena anak-anak difabel merupakan salah satu bagian masyarakat yang sangat membutuhkan peningkatan layanan. Dukungan lembaga-lembaga internasional tentang pendidikan inklusif dan pendidikan khusus kepada Jawa Timur akan sangat bermanfaat bagi masa depan anak-anak difabel yang lebih baik.

Ir Dodong Martiar M.Si selaku Kepala Bagian dengan Lembaga dalam kesempatan tersebut menyampaikan terima kasih atas dukungan dan kerjasama yang diberikan oleh SIF kepada masyarakat  Jawa Timur.

Subbag Kerjasama dengan Lembaga Internasional telah berhasil mendapatkan dukungan dari beberapa lembaga internasional untuk pendidikan inklusif dan pendidikan khusus. Tahun 2014, bekerja sama dengan AUSAID dan Quensland University of Technology telah mengirim 25 orang guru dan kepala sekolah dari sekolah penyelenggara pendidikan inklusif di Jawa Timur ke Australia selama 25 hari.  (Eka Prastama)

The subscriber's email address.