Lompat ke isi utama
Jari-jari tangan menyentuh buku braille

SIGAB Buka Lowongan Koordinator Pencetakan Braille

Didirikan pada bulan Mei 2003 di Yogyakarta, Sasana Integrasi dan Advokasi Difabel (SIGAB) merupakan lembaga swadaya masyarakat yang berfokus pada upaya promosi, serta pembelaan dalam rangka pemenuhan hak difabel dalam berbagai aspek kehidupan. Sejak pendiriannya, SIGAB telah akti bekerja sama dengan pemerintah, akademisi, organisasi masyarakat sipil maupun organisasi dan komunitas difabel dalam rangka meningkatkan penyadaran akan perspektif difabilitas, membangun kebijakan publik yang lebih berperspektif difabel, serta aksi-aksi pembelaan atas pelanggaran hak difabel.

Saat ini, SIGAB membuka lowongan untuk posisi di bawah ini:

Koordinator pencetakan braille

Durasi kontrak     : 5 bulan (dibutuhkan segera) dan akan diperpanjang dengan
mempertimbangkan performa.

Kode                     :  KPB

Lokasi                   : Yogyakarta

Keterangan    

Di bawah supervisi Manager Kantor dan Keuangan, Koordinator Pencetakan Braille akan mempunyai tanggungjawab yang unik karena kontribusinya pada lintas program.

Yang pertama, posisi ini akan bertanggungjawab untuk mengelola unit pencetakan braille yang baru mulai dirintis oleh SIGAB. Unit pencetakan braille akan memproduksi buku-buku dan dokumen publikasi SIGAB ke dalam format braille yang mudah diakses oleh difabel netra. Selain itu, unit pencetakan braille juga akan menjadi unit layanan yang dapat diakses oleh lembaga lain yang ingin bekerja sama dalam pengadaan dokumen braille.

Kedua, posisi ini akan memegang beberapa peran tambahan terkait dengan pengembangan program serta pengelolaan media sosial SIGAB.

Tugas dan Tanggungjawab:

  1. Melakukan konversi dokumen yang dibutuhkan dari versi awas ke dalam versi braille berikut pencetakan dan pembuatan buku braille.
  2. Bersama manager kantor dan keuangan, menyusun sistem operasi dan prosedur (SOP) pengelolaan unit pencetakan braille dan mengimpleentasikannya.
  3. Menyusun perencanaan dan implementasi promosi serta pengembangan unit pencetakan braille SIGAB.
  4. Berperan sebagai admin pada media sosial SIGAB (twitter dan FB).
  5. Bersama staff program, mewakili SIGAB pada aktivitas jejaring.
  6. Memberikan dukungan teknis pada staf program dalam rangka memastikan inklusi dan perspektif difabel.
  7. Serta tugas lain sepanjang relevan dan dibutuhkan

Persyaratan Khusus

  1. Pria atau wanita
  2. Difabel (tunanetra total / low vision diutamakan)
  3. Mampu mengoperasikan komputer (minimal MS word, excel dan powerpoint), serta terbiasa dalam penggunaan internet dan media sosial.
  4. Lancar membaca dan mampu melakukan koreksi huruf braille.
  5. Pendidikan minimal s1, ilmu sosial diprioritaskan
  6. Mempunyai pengalaman dengan pencetakan braille yang dibuktikan dengan CV
  7. Senang bekerja dalam lingkungan yang inklusif (difabel dan non-difabel dalam satu lingkungan kerja yang setara)
  8. Bersedia bekerja full time dan kerja lembur
  9. Komunikatif, baik lisan maupun tulisan, penguasaan bahasa inggris baik lisan maupun tulisan akan diprioritaskan.
  10. Mampu bekerja independen maupun dalam tim
  11. Berkomitmen dan berkontribusi untuk mengembangkan SIGAB sebagai lembaga yang akuntabel dan mandiri

 

Persyaratan Umum

  1. Sehat jasmani dan rohani (difabilitas bukan termasuk tidak sehat jasmani dan rohani).
  2. Berkelakuan baik, demokratis, dan berdedikasi untuk memajukan, melindungi dan mengadvokasi pemenuhan hak-hak Difabel.
  3. Sanggup bekerja keras dan menjaga nama baik SIGAB.
  4. Mempunyai etiket yang baik terhadap Difabel.
  5. Bersedia tinggal di Yogyakarta atau sekitarnya untuk kelancaran kerja dan koordinasi.
  6. Mengikuti wawancara dan ujian praktik yang akan dijadwalkan kemudian bagi yang lolos seleksi administratif.

Ketentuan Pengiriman Lamaran

Yang berminat silahkan mempersiapkan dokumen lamaran dengan mencantumkan expektasi gaji, beserta lampiran di bawah ini:

  1. CV terbaru,
  2. scan foto
  3. ijasah terakhir,
  4. data kontak (nama, posisi, no. telepon dan alamat e-mail) dua orang yang dapat dihubungi sebagai pemberi referensi

 

Semua dokumen yang telah disiapkan dikirimkan ke [email protected] , CC [email protected] dengan menuliskan “aplikasi – kode posisi” pada subject line.

CATATAN:

  • Difabel dengan kualifikasi di atas sangat direkomendasikan melamar.
  • Hari penting:
    • 4 Maret 2015              :  Lamaran mulai dibuka
    • 18 Maret 2015            :  Pelamar yang lolos administrative akan dihubungi untuk

  interview

  • 1 April 2015                :  Penempatan

 

The subscriber's email address.