Lompat ke isi utama
Nurul Sutarti

Nurul Sutarti : KPU Surakarta Akan Libatkan Lagi Relawan Demokrasi dalam Pilkada 2015

 

Solider.or.id, Surakarta- Terkait dengan prestasi sosialisasi yang salah satunya melibatkan difabel di antara lima segmen masyarakat, menjadi salah satu nilai plus bagi KPU Kota Surakarta. KPU Kota Surakarta memperoleh predikat terbaik kedua setelah KPU Kota Semarang di tingkat provinsi Jawa Tengah pada Pilkada tahun lalu. Demikian dikatakan oleh Nurul Sutarti,komisioner KPU Kota Surakarta yang ditemui oleh Solider, Selasa (17/2/2015).

Terkait dengan persiapan Pilkada, KPU Kota Surakarta juga telah melakukan sosialisasi tentang persiapan rencana pemilihan wali kota yang melibatkan seluruh pemangku kepentingan termasuk lembaga yang memiliki perhatian dan bekerja pada isu difabilitas yakni Yayasan Talenta. “Namun Yayasan Talenta tidak hadir, sedangkan anggota relawan demokrasi yang dulu terlibat Pileg 2014 hadir,”tutur Nurul Sutarti.

KPU berencana dalam sosialisasi pemilihan akan melibatkan Relawan Demokrasi (Relasi) di mana difabel menjadi salah satu segmen yang terlibat. “Kita berencana dalam sosialisasi nanti melibatkan difabel di Pilkada 2015,”jelas Nurul Sutarti.

Nurul Sutarti adalah satu-satunya perempuan anggota komisioner KPU Kota Surakarta. Pada dua periode sebelumnya belum pernah ada anggota komisioner perempuan. Nurul Sutarti sebelumnya berkiprah di Yayasan Krida Paramita (YKP) Surakarta yang fokus ke penguatan perempuan dalam berbagai aspek, baik dalam bidang ekonomi, politik termasuk penguatan perempuan korban kekerasan. Alumni Fakultas Pertanian UNS Sebelas Maret 1992 dan mengambil Program Pascasarjana Magister Studi Pembangunan Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) Salatiga lulus tahun 2000.

“Selama di Salatiga saya aktif di berbagai penelitian terkait isu perempuan dan gender serta otonomi daerah dengan menjadi staf peneliti lapangan di Pusat Studi Gender. juga staf peneliti lapangan di Pusat Studi Otonomi Daerah Program Pascasarjana UKSW Salatiga,”pungkas Nurul Sutarti.

The subscriber's email address.