Lompat ke isi utama

GAPAI Beri Bimbingan Difabel Netra Hadapi Ujian

Solider.or.id, Surakarta – Gerakan Indonesia Peduli Inklusi (GAPAI) memberi bimbingan bagi siswa SLB YKAB di Jalan HOS Cokroaminoto, Jebres, Surakarta. Saat diajak berbincang ketua GAPAI Sidiq Syaifullah menyatakan saat ini telah ada lima orang pembimbing untuk mengampu sepuluh siswa.

“Saat ini sudah berjalan tapi kita kekurangan pengajar makanya saya bagi informasi melalui media sosial,” jelasnya pada Selasa (24/2/2015).

Dia menyatakan saat ini ada pembimbing untuk mata pelajaran Matematika, Bahasa Indonesia , Ekonomi dan Bahasa Inggris. Sementara para siswa terdiri dari empat orang siswa SMPLB dan enam siswa SMALB. Mereka dilatih seminggu sekali atau dua kali menyesuaikan jadwal dengan pembimbing masing-masing. Menurutnya jadwal belum optimal karena masih ada beberapa mata pelajaran yang belum ada pembimbingnya.

Mengampu mata pelajaran Matematika bagi difabel netra diakui oleh Mahasiswa Universitas Negeri Sebelas Maret (UNS) Surakarta ini tidak jauh berbeda dengan siswa reguler. Dia menyatakan butuh lebih banyak waktu dan kesabaran membimbing karena kendala visual.

“Untuk (mata pelajaran) Matematika ngajarnya lebih susah. Soalnya angka kan harus ngitung-ngitung. Jadi kalau hanya mendengarkan saja kurang bisa maksimal,” tambahnya

Melalui akun media sosialnya Sidiq memposting ajakan untuk memberi bimbingan pelajaran bagi para siswa difabel netra ini. Dari mata pelajaran yang diikutkan dalam ujian masih ada beberapa yang belum ada pembimbingnya. Mata pelajaran tersebut adalah Fisika, Biologi, Kimia, Geografi dan Sosiologi. Untuk itu dia menyebarkan ajakan ini secara luas agar kebutuhan pembimbing bisa segera terpenuhi.

The subscriber's email address.