Lompat ke isi utama
BPRTPD Pundong

Balai Rehabilitasi Pundong Yogyakarta Buka Pelatihan Keterampilan dan Pengembangan Mental

Solider.or.id, Yogyakarta-  Balai Rehabilitas Terpadu Penyandang Disabilitas Dinas Sosial Daerah Istimewa Yogyakarta (BPRTPD Dinas Sosial DIY) akan mengadakan pelatihan keterampilan dan pengembangan mental bagi difabel DIY. Hal tersebut disampaikan oleh Kepala BPRTPD Pundong, Prananjaya kepada solider pada Rabu (18/2). Pelatihan akan diselenggarakan  selama satu tahun, ditujukan bagi difabel rungu wicara, difabel grahita (putri), difabel netra, dan difabel daksa.

Beberapa persyaratan mengikuti pelatihan keterampilan dan pengembnagan mental sosial tersebuat, antara lain difabel  daksa, rungu wicara, grahita putri dan difabel netra, yang berusia 16 - 45 tahun, dapat melakukan aktivitas pribadi secara mandiri. Yang bersangkutan merupakan warga DIY serta mengisi surat pernyataan, bahwa selama mengikuti pelatihan bersedia tinggal di asrama. Peserta juga harus menyertakan foto kopi KTP dan C1, serta pas foto ukuran 3x4.

Prananjaya mengatakan bahwa, “Semua peserta yang sudah mendaftar akan di-assesment untuk mengetahui bakat dan minatnya. Selanjutnya hasil assesment akan menjadi dasar dalam menentukan penempatan dalam program.”

Lebih lanjut Pranjaya mengutarakan, “Pelatihan dibuka selama satu tahun, dan akan dimulai ketika kelas sudah memenuhi sayarat. Sepanjang BRTPD Pundong masing memiliki kuota bed (asrama) yaitu sebanyak 170 peserta, peserta memenuhi syarat, maka setiap pelamar pelatihan akan diterima. Bisa saja waktu pelatihan tidak sampai satu tahun, berdasarkan tingkat kemampuan dan keterampilan peserta pelatihan,” ujarnya

Materi Pelatihan Keterampilan 

  1. Bagi difabel daksa dan rungu wicara

Materi pelatihan  keterampilan adalah dasar-dasar komputer, desain grafis, menjahit, elektronika, kulit dan perak (pilih salah satu).

  1. Difabel Netra, dengan materi massage dengan spesifikasi pelatihan Pijat Spot dan Shi-Atsu.
  2. Grahita-putri, meteri pelatihan keterampilan menjahit atau bordir.

Bimbingan-bimbingan yang akan diterima oleh peserta selama mengikuti pelatihan diantaranya: bimbingan agama, olahraga, sosial kemasyarakatan, kesehatan masyarakat, kedisiplinan, kemandirian (ADL), baca tulis latin, bahasa Inggris, bahasa Isyarat dan home industri Selain itu, semua peserta pelatihan juga akan mendapatkan materi kesenian, seperti musik band, karawitan, pantomim dan menari.

Fasilitas Bagi Peserta Pelatihan

Fasilitas-fasilitas yang diberikan kepada peserta pelatihan keterampilan dan mental sosial adalah :

  1. asrama (1 kamar untuk 2-3 orang, kamar mandi dalam),
  2. makan 3 kali sehari,
  3. seragam,
  4. alat mandi,
  5. alat cuci,
  6. pemeriksaan kesehatan rutin dan fisioterapi,
  7. konsultasi psikolog, serta sertifikat dan bantuan berupa stimulan alat keterampilan (apabila peserta dapat mengikuti pelatihan sampai dinyatakan lulus).

Informasi lebih lanjut dapat melalui telepon atau short message service (SMS) Masda Tanjung dengan nomor 0815-7876-1301.

The subscriber's email address.