Lompat ke isi utama
SD Islam Gebang, Jalan Bromo nomor 2 Solo

SD Al Islam 3 Gebang Surakarta Sudah Terima Siswa Difabel Sebelum Pengesahan SK Solo Inklusi

Solider.or.id, Surakarta-  SD Al Islam 3 Gebang Surakarta telah menerima difabel sejak tahun 2010.  “Iya, saya tahu Solo ditetapkan sebagai Kota Inklusi dan juga Kota Layak Anak, tetapi SD ini tanpa disadari sejak tahun 2010 telah menerima murid difabel,” ungkap Iswahyuningsih saat Gelar Kreativitas dan Lomba Seni, Minggu (15/2).

Murid difabel sekolah yang beralamat di Jalan Bromo nomor 2 Solo tersebut adalah Jessica (Kelas I) dan Latiefa Putri (Kelas VI C), keduanya difabel daksa.

Fitri Nurhidayati yang juga merupakan guru di sekolah tersebut, mengungkapkan bahwa pada awalnya ada beberapa orangtua murid yang tidak setuju. “Ada yang berkomentar ‘lho kok dicampur?Kebijakan sekolah tetap menerima siswa agar mendapatkan pendidikan,” ungkap Fitri.

 “Saya beberapa kali berdiskusi minta masukan dengan SLB Negeri, lalu disarankan untuk memberikan pengertian kepada para orangtua murid,” tambah Fitri yang sudah mengetahui perihal pendidikan Inklusi melalui SK Disdikpora No 954/55/Kep/sd-AUD/2013.

Kebijakan SD Al Islam 3 Gebang untuk menerima murid difabel tidak mempengaruhi jumlah pendaftaran murid baru.  Sekolah juga masih berusaha memenuhi kebutuhan aksesibilitas siswa

 “Ya tentu pihak sekolah akan melengkapi sebagai bagian dari proses belajarnya,” tutup Iswahyuningsih. (Saifuddin Hafiz)

The subscriber's email address.