Lompat ke isi utama

Disability Right Foundation Buka Kesempatan Permohonan Proposal Bagi DPO

BOSTON, MA  The Disability Rights Fund (DRF) sebuah kerjasama pemberian dana hibah antara para donor dan komunitas difabel global yang mendukung terwujudnya kesamaan hak asasi manusia bagi para difabel, hari ini, pada tanggal 22 Januari 2014 mengumumkan putaran pertama pemberian dana tahun 2015. Pemberian dana ini bertujuan untuk memajukan hak dan pengembangan organisasi difabel pada tahun 2015 pada tahun-tahun mendatang. Pemberian dana hibah untuk putaran kali ini ditargetkan dapat membantu organisasi difabel (DPO) di Gana, Haiti, Indonesia, Malawi dan Myanmar. Penyampaian Proposal dapat dilakukan hingga  tanggal 10 Maret, 2015.

 Pemberian bantuan dari DRF ini secara umum adalah untuk memberdayakan organisasi-organisasi difabel di negara berkembang untuk ikut mendorong pelaksanaan implementasi konvensi PBB tentang pemenuhan hak-hak difabel (UNCRPD).

Untuk putaran pertama pemberian dana tahun 2015 ini, organisasi pemohon dari Gana, Haiti, Indonesia, Malawi, dan Myanmar bisa mengajukan permohonan dana hibah melalui proses Permohonan Proposal terbuka.

Beberapa jenis organisasi yang dapat mengajukan permohonan antara lain:

  1. Organisasi tunggal atau bermitra untuk dapat mengajukan dana hibah kecil untuk satu tahun.
  2. Koalisi yang dipimpin DPO untuk tingkat negara bagian (untuk negara serikat), tingkat regional seperti tingkat kota atau kabupaten dapat mengajukan dana hibah koalisi tingkat untuk periode hingga dua tahun.
  3. Koalisi yang dipimpin DPO untuk tingkat nasional dapat mengajukan dana hibah koalisi nasional untuk periode hingga dua tahun.

Dana hibah kecil yang akan diterima berkisar antara 5.000 hingga 20.000 Dolar AS dan akan mendukung usaha untuk meningkatkan keikutsertaan DPO  dalam pengambilan keputusan dan pelaksanaan proyek yang secara khusus terkait dengan pasal-pasal dalam CPRD.  Dana Hibah Koalisi Tingkat Menengah yang akan diterima berkisar antara 30.000 – 40.000 Dolar AS per tahunnya (60.000 – 80.000 Dolar AS selama masa dua tahun) dan akan mendukung dihasilkannya peraturan atau kebijakan khusus yang sesuai dengan CRPD di daerah (misalnya negara bagian, provinsi, kabupaten/Kota), dan advokasi untuk langkah-langkah penganggaran oleh pemerintah di tingkatan tersebut untuk menerapkan CRPD.  Dana Hibah Koalisi Nasional yang akan berkisar antara 30.000 hingga 50.000 Dolar AS per tahunnya (60.000 – 100.000 Dolar AS selama dua tahun) dan akan mendukung kegiatan advokasi untuk meratifikasi CRPD / Protokol Tambahannya, menghasilkan perundang-undangan nasional yang sejalan dengan CRPD, pembuatan atau mengambil langkah tindak lanjut laporan yang diserahkan kepada mekanisme pemantauan HAM PBB (termasuk laporan yang diserahkan kepada Komite CRPD, komite perjanjian lainnya, serta Dewan HAM), dan melakukan advokasi kepada lembaga nasional atau internasional yang bertanggungjawab terhadap perencanaan pembangunan untuk memastikan bawa CRPD juga menjadi bahan pertimbangan ketika mereka melakukan penilaian dan pengembangan strategi dan tujuan pembangunan serta advokasi untuk memastikan diikutsertakannya perwakilan DPO secara resmi di dalam pelaksanaan CRPD dan/atau pemantuannya oleh Pemerintah.

Organisasi yang tertarik dapat mempelajari kriteria persyaratan dan informasi mengenai pengajuan permohonan seperti yang ditampilkan di situs DRF, http://www.disabilityrightsfund.org/grantmaking Semua bentuk pertanyaan tentang proses pelaksanaan proposal dapat ditujukan kepada [email protected]

Perlu diketahui bahwa sejak tahun 2008, DRF bersama dengan organisasi keluarganya Disability Rights Advocacy Fund telah mendukung kegiatan advokasi untuk peratifikasian dan perubahan perundang-undangan di negara-negara sasaran. Dalam perjalananya, DRF  telah mengucurkan lebih dari 13 Juta Dolar AS kepada organisasi-organisasi di 28 negara seperti Banglades, Kepulauan Cook, Ekuador, Negara Federasi Mikronesia, Fiji, Gana, Haiti, India, Indonesia, Kiribati, Lebanon, Malawi, Kepulauan Marshall, Meksiko, Namibia, Nauru, Nikaragua, Palau, Papua Nugini, Peru, Ruanda, Samoa, Kepulauan Solomon, Tonga, Tuvalu, Uganda, Ukraina, dan Vanuatu.

Beberapa pihak yang telah mendukung DRF dalam kegiatan mereka seperti: American Jewish World Service, Ansara Family Fund dari Boston Foundation, Leir Charitable Foundations, Foundation to Promote Open Society yang merupakan bagian dari Open Society Foundations, Kementerian Luar Negeri dan Perdagangan Australia (DFAT), dan Departemen Pembangunan Internasional (DFID) Inggris. (Ajiwan)

The subscriber's email address.