Lompat ke isi utama

(RALAT) Program Pelatihan Partisipatis “Pemimpin Muda Visioner”

Pendahuluan

Melibatkan remaja dan orang muda sebagai pemimpin belum pernah semendesak saat ini. Ketika situasi seksualitas remaja dan hak serta kesehatan reproduksi remaja (AYRH) di Indonesia semakin menjadi area dengan perhatian yang cukup besar, orang muda perlu untuk memimpin dalam membantu menciptakan kebijakan dan lingkungan yang mendukung, dan menjadi pihak terdepan (dan bukan hanya penerima program) terkait peningkatan akses terhadap informasi dan layanan seksualitas yang berkualitas dan ramah bagi remaja.

Dipandu dengan kepercayaan terhadap pemimpin muda yang kuat dan efektif dalam kerangka pemenuhan AYRH, Pelatihan “Pemimpin Visioner Muda” ditujukan untuk memperluas visi dan pengetahuan teknis pemimpin muda; memperkuat kemampuan individu, organisasional, inter-organisasional, dan kemampuan terkait bekerja dalam komunitas untuk menciptakan inovasi solutif terkait pemenuhan hak dan kesehatan seksual dan reproduksi untuk remaja dan orang muda.

Hal yang unik dari  pelatihan “Pemimpin Visioner Remaja dan Orang Muda”  ini adalah pengembangan kepemimpinan yang sistematis dimulai dengan 5 hari pelatihan dan konsep Mentor-Mentee untuk meningkatkan kompetensi lanjutan bagi para pemimpin muda. Pelatihan ini juga memberi dukungan terhadap Rencana Aksi yang didesain dan dilaksanakan oleh Remaja dan Orang Muda dalam periode waktu 1 tahun sebagai upaya untuk memperkuat dan menerapkan kemampuan kepemimpinan dan manajemen mereka.

Landasan Pelatihan

Bagian inti dari program Remaja dan Orang Muda kami ini adalah kepercayaan bahwa “pemimpin itu diciptakan”, dan dapat dikembangkan melalui pelatihan. Kami juga percaya bahwa “Pemimpin Muda Visioner” akan memimpin meningkatnya keterlibatan Remaja dan Orang Muda, menerapkan bukti dan landasan kuat dalam membuat kepurusan, menjadi lebih terdorong untuk menantang status quo, kerja kelompok dan kolaborasi yang lebih baik, termasuk didalamnya meregenerasi kepemimpinan dalam komunitas dan organisasi mereka.

Melalui hal ini, pelatihan “Pemimpin Muda Visioner” ini akan mengadopsi komponen pelatihan yang beragam dan saling terkait, seperti pelatihan kerja, lokakarya interaktif, diskusi melingkar dan studi kasus, termasuk dalamnya Computer Assisted, Self-Directed Learning (CASeL) dalam menganalisis situasi.

 

Durasi dan Waktu

Pelatihan akan dilaksanakan di Indonesia, selama Lima (5) Hari. Pelatihan ini diperkirakan akan dilaksanakan pada tanggal 23 sampai dengan 27 Februari 2015.

Para Pemimpin akan dikelompokkan menjadi beberapa kelompok untuk mengambil konsep dan elemen pelatihan kepemimpinan dan mengembangkan hal-hal tersebut menjadi rencana aksi dimana sejumlah hibah akan dialokasikan kepada masing-masing kelompok untuk mengimplementasikan rencana aksi tersebut.

Peserta

Peserta terbuka pada orang muda berusia diantara 16-24 tahun (*demi efektivitas kelanjutan dari capaian program, usia maksimal yakni 24 tahun terhitung pada ulang tahun berikutnya) yang memiliki kemauan kuat untuk mengambil kesempatan ini untuk memberdayakan dirinya sendiri (dan orang muda lain) dengan kemampuan, pengetahuan, dan peningkatan kapasitas untuk memimpin. Remaja dan orang muda dari sektor marjinal, sekolah, komunitas dan staf/relawan dari LSM yang bergerak di isu Hak Kesehatan Seksual dan Reproduksi (HKSR) atau Kepemudaan sangat kami rekomendasikan untuk mendaftar.

Aplikasi

 

Terlampir adalah formulir aplikasi yang perlu untuk dilengkapi dan dikembalikan kembali ke ICOMP paling lambat pada 30 Januari 2015.

Pada saat aplikasi kami terima, tim penilai akan memilih peserta yang cocok dengan kriteria yang dicari, dalam batasan usia, kemampuan untuk berbicara dan memahami materi dalam Bahasa Inggris / Indonesia, dan mendemonstrasikan keinginan dan kemampuan untuk mengembangkan kemampuan kepemimpinan yang dimiliki.

Pengumuman peserta yang berhasil lolos seleksi akan diumumkan pada Minggu Pertama Februari 2015.

Informasi lebih lanjut, sila hubungi:

International Council on Management of Population Programmes (ICOMP)

534 Jalan Lima, Taman Ampang Utama

68000 Ampang, Selangor, Malaysia

Tel: +603 4257 3234

Fax: +603 4256 0029

Email:  bontorkalee@gmail.com

bontorkalee@icomp.org.my

Website: www.icomp.org.my

 

Silakan unduh formulir dan keterangan melalui tautan di bawah:

The subscriber's email address.