Lompat ke isi utama
Pemutaran film FFDisabilitas

Kawal Isu Difabilitas Remaja Lewat Film

Solider.or.id, Yogyakarta- Panitia Festifal Film Disabilitas menggelar pemutaran empat film pendek tentang kisah cinta remaja difabel pada Selasa (6/1). Keempat film bergenre drama tersebut diangkat dari isu-isu difabilitas yang sedang berkembang, khususnya di kalangan remaja.

Keempat film dengan judul Ijolan, Tak Terbatas, Dandelion, dan The Girl with Bycicle, masing-masing menyuguhkan kisah berbeda. Mukhanif Yasin Yusuf selaku panitia mengatakan, pemutaran film tersebut merupakan langkah untuk mengawal isu-isu yg selama ini menjadi kegelisahan kaum remaja difabel.

"Remaja difabel, baik laki-laki atau perempuan masih sering terkucilkan dalam pergaulan di lingkungannya. Apalagi masalah cinta, remaja difabel masih termarjinalkan" tutur Khanif.

Seperti dalam film The Girl with Bycicle, Anggi seorang perempuan difabel tuli mendapat perlakuan diskriminatif dari keluarga kekasihnya. Kisah tersebut kata khanif, merupakan representasi dari realitas yang terjadi pada remaja difabel saat ini.

"Dan juga menyiratkan pesan didalamnya bahwa masih banyak konsepsi buruk terhadap difabel" tambah khanif.

Khanif berharap pemutaran keempat film tersebut memberikan pengetahuan batu serta mendapat apresiasi penuh dari masyarakat dan kalangan remaja, sehingga dapat meminimalisasi perilaku diskriminatif terhadap difabel remaja. (Robandi)

The subscriber's email address.