Lompat ke isi utama

Resmikan Aksesibilitas Kantor Kecamatan, Istri Bupati Ajak Warga Peka Difabilitas

Solider.or.id,Sukoharjo-Etty Wardoyo Wijaya istri Bupati Sukoharjo yang juga Ketua Rehabilitasi Berbasis  Masyarakat (RBM) Sukoharjo meresmikan aksesibilitas kantor Kecamatan Gatak Sukoharjo. Acara yang diselenggarakan bersamaan dengan perayaan Hari Difabel Internasional (HDI) 2014 tersebut dihelat  oleh Sanggar Inklusi Kecamatan Gatak didukung oleh PPRBM Surakarta pada Rabu (17/12). Akses  berupa ramp/plengsengan dengan sudut kemiringan yang tepat untuk pengguna kursi roda ada dua buah yakni di pendapa dan kantor kecamatan Gatak.

Dalam sambutannya, Etty Wardoyo menekankan tentang pentingnya warga masyarakat untuk merangkul dan mengakseskan difabel kepada pendidikan yang layak. Menyambut baik inisiatif dari masyarakat terutama relawan sanggar yang juga melibatkan kader PKK, Etty mempersilakan agar pengelola mendata bangunan atau tanah yang tak difungsikan untuk menjadi gedung sarana pembelajaran. Sementara ini, Sanggar Inklusi Kecamatan Gatak masih mempergunakan perpustakaan balai desa Trangsan untuk difungsikan sebagai sanggar dan tempat terapi. 

Sanggar Inklusi Butuh Perhatian Pemerintah

Ketua Sanggar Inklusi Kecamatan Gatak, Emi Dwi Astuti dalam sambutannya mengatakan harapannya bahwa ke depan Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Kecamatan Gatak memberikan apresiasi yang besar terhadap sanggar. “

Karena sanggar ini masih bersifat perintis dan dalam catatan kami ada 200-an Anak Berkebutuhan Khusus yang tinggal di kecamatan  Gatak,”demikian papar Emi.

 Emi juga mengatakan bahwa para pengajar di sanggar adalah relawan yang tidak dibayar. “Setiap hari Kamis ada Pemberian Makanan Tambahan (PMT) yang dananya swadana dari ibu-ibu dan digratiskan,”imbuhnya.

Sementara itu Dwi Wisnu Wardana, Petugas Lapangan  (PL) dari PPRBM  Surakarta membenarkan bahwa saat ini di sanggar yang diampunya tengah ada lima terapis dari Medan yang sedang melakukan kegiatan praktek lapangan. “Para terapis dikirim oleh PPRBM untuk membantu menerapi anak-anak sanggar yang dijadwalkan setiap hari Kamis,”pungkas Dwi Wisnu. 

The subscriber's email address.