Lompat ke isi utama
Camat Kromengan

Stigma Keliru Masyarakat Justru Siksa Skizofrenia

Solider.or.id, Malang - Psikiater Rumah Sakit Jiwa dr. Radjiman Wediodiningrat Lawang Yulia Fatima Besseng mengatakan kalau stigma masyarakat kepada para skizofrenia selama ini masih kurang tepat.Menurutnya, hal itu justru membuat para pengidap skizofrenia tersiksa, jauh dari kreatifitas dan aktivitas sosial. “Lebih parahnya lagi, banyak masyarakat yang memasung salah satu keluarganya karena mengalami skizofrenia,” ungkapnya.

"Dipasung itu karena terstigma, termarjinalisasi dan tidak mendapat pengobatan yang baik sehingga gejalanya semakin buruk," ungkapnya saat setelah memberikan seminar di pendopo Kabupaten Malang pada Rabu (3/12).

Yulia menyarankan puskesmas mulai memberi kepedulian dengan membuka klinik konsultasi kejiwaan untuk melayani pasien skizofrenia sejak dari dini. Tidak hanya sebatas memberi pelayanan, namun petugas medis di puskesmas dituntut memahami cara penanganan orang dengan skizofrenia. Hal itu untuk menghindari pemasungan. "Pasung bukan solusi karena pasung banyak dampak negatifnya," aku Yulia.

"Apalagi ada UU no. 18 tentang kesehatan jiwa kalau pemasung akan dikenakan tindakan pidana," tambahnya lagi.

Selanjutnya, wanita asal NTT itu mengungkapkan angka bebas pasung masih kecil karena masyarakat dan pemerintah sangat kurang memberi perhatian kepada fenomena pemasungan. "Coba kalau dicari betul-betul, maka akan banyak lagi yang ditemukan," terangnya.

Dalam acara seminar memperingati hari jadi Kabupaten Malang ke-1254 dan Hari Kesehatan Nasional ke-50, seluruh camat yang berada di Kabupaten Malang secara serentak menandatangi komitmen Kabupaten Malang bebas pasung pada 2015.

Kabupaten Malang bebas pasung pada 2015 adalah program kelanjutan dari Indonesia bebas pasung yang telah digalakkan oleh Kementerian Kesehatan sejak 10 Oktober 2010.

Camat Kromengan Wahyu Kurniati mengatakan di tempatnya ada dua kasus pemasungan yang terjadi di Desa Ngadirejo. "Mereka mengalami gangguan jiwa yang agresif sehingga keluarga memasungnya," katanya. Kurangnya pemahan masyarakat terkait cara mengatasi difabel skizofrenia  membuat para penyandang skizofrenia dipasung dan dijauhkan dari kehidupan sosial.

Sedangkan di Kabupaten Malang tercatat ada 28 kasus pemasungan yang tercatat. Di Jawa Timur ada sekitar 8 ribu orang. Sedangkan di seluruh Indonesia diperkirakan ada 57 ribu orang yang dipasung.

The subscriber's email address.