Lompat ke isi utama

CIQAL Selenggarakan Workshop Penyusunan Tools Monitoring Anggaran

Solider.or.id,Yogyakarta- Center for Improving Qualified Activity in Live People with Disabilitas (CIQAL) bekerja sama dengan Disability Right Fund menyelenggarakan lokakarya penyusunan perangkat monitoring anggaran bagi  organisasi penyandang disabilitas (OPD) Daerah Istimewa Yogyakarta di Hotel Brongto, Rabu (26/11)

 “Penyandang disabilitas berhak atas alokasi anggaran yang adil dan layak, untuk memastikan hak-hak mereka terpenuhi,” kata M. Tata Taufik, Manajer Progam Peningkatan Partisipasi Penyandang Disabilitas Dalam Monitoring Anggaran Lembaga CIQAL, pada Solider.

Tata menambahkan bahwa melalui lokakarya atau workshop ini dapat mendukung OPD untuk menggali potensinya untuk mengawal Konvensi Penyandang Disabilitas.  “Sehingga menjadi penting bagaimana melibatkan OPD dan penyandang disabilitas itu sendiri dalam menemukan data dan informasi tentang anggaran yang diperoleh dan dikaji, selanjutnya hasil analisis anggaran akan dijadikan sebagai bahan strategi advokasi anggaran. Di mana advokasi bisa dilakukan oleh berbagai pihak atau kelompok yang peduli dengan menyesuaikan sumber daya yang dimiliki,” imbuh Tata.

Sedangkan menurut Wakil Sekretaris Program, Purwanto “Dalam workshop sudah dilakukan analisis anggaran salah satu kabupaten, spesifik hanya menganalisa anggaran untuk pendidikan inklusi. Hasil yang diperoleh adalah, 74 % anggaran dialokasikan ke belanja pegawai, sedangkan 26% dialokasikan untuk belanja publik. Dari salah satu contoh analisa pada salah satu kabupaten tersebut dapat dilihat bahwa penyerapan anggaran bukan untuk penyandang disabilitas, melainkan untuk para pegawai yang terkait dengan pendidikan inklusi.”

“Dengan mengetahui penyerapan anggaran yang tidak semestinya, diharapkan difabel dapat melihat sejauh mana kebutuhan anggaran penyandang disabilitas dan sejauh mana penganggaran yang semestinya untuk pemenuhan hak penyandang disabilitas. Selanjutnya, mereka dapat bersama-sama menyusun tools monitoring anggaran, menyesuaikan dengan temuan analisa di tiap-tiap kabupaten/kota, ” tutur Purwanto.

The subscriber's email address.