Lompat ke isi utama

Difabel Netra Harus Mampu dan Penuh Semangat

Solider.or.id, Kulon Progo- Difabel netra mengikuti pelatihan komputer bicara di King Hotel, Jalan Ahmad Dahlan, Kulon Progo pada Selasa sampai dengan Sabtu (5-8 November 2014). Kegiatan tersebut merupakan rangkaian program pelatihan di tiga kota di Indonesia. Setelah Kulon Progo, pelatihan komputer bagi tunanetra akan diselenggarakan di kota Malang, berikutnya Jambi.

Pelatihan ini merupakan hasil kerja sama antara Dewan Pimpinan Pusat Persatuan Tunanetra Indonesia (DPP Pertuni), DPD Pertuni Daerah Istimewa Yogyakarta, DPC Pertuni Cabang Kulon Progo dengan dukungan Yayasan Damandiri.

Tri Bagyo, penananggung jawab pelatihan menyampaikan, “Dengan pelatihan ini diharapkan dapat melahirkan instruktur-instruktur baru.  Dengan demikian, semakin banyak difabel netra yang mampu dan menguasai komputer bicara, dan dapat berbagi atau mengajarkan pada tunanetra lainnya” .

Nurhadi, SE mengatakan, “Semua terlahir di dunia dengan hak yang sama, baik yang terlahir normal maupun yang terlahir dengan kekurangannya. Demikian pula dengan difabel netra. Difabel netra juga berhak atas pendidikan dan mempelajari berbagai ilmu pengetahuan. Salah satunya mendapatkan pelatihan komputer serta mempelajari segala perkembangan teknologi dan informasi, termasuk di dalamnya adalah pemanfaatan internet yang pada saat ini hampir setiap orang menggunakan dan memanfaatkannya.”

“Pelatihan komputer bicara tentu akan memberikan dampak positif bagi peserta. Karena melalui pelatihan komputer peserta akan mendapatkan ilmu pengetahuan dan teknologi yang manfaatnya sangat besar dalam kehidupan,” kata Nurhadi. 

The subscriber's email address.