Lompat ke isi utama

Mengisi Hari Minggu, Difabel Bantul Giat Berlatih Olahraga

Solider.or.id,Bantul- Setiap hari minggu baik pagi dan sore, puluhan difabel dengan berbagai jenis difabilitas, yang tinggal di Kabupaten Bantul mengadakan latihan olahraga. Mereka berlatih di bawah koordinasi National Paralimpic Commite (NPC), sebuah organisasi yang khusus menanggani olahraga bagi penyandang difabel. Selain untuk mengisi hari libur, kegiatan ini juga bertujuan untuk persiapan menghadapi National Paralimpics Games, yaitu kejuaran olahraga bagi difabel untuk tingkat nasional. Menurut rencana kegiatan ini akan diselenggarakan di Bandung, pada tahun 2015 mendatang.

“ Semua difabel Bantul diperbolehkan mengikuti latihan, sesuai dengan cabang olahraga yang diminati. Karena pemerintah sudah memfasilitasi  dengan mengalokasikan anggaran jadi jangan disia-siakan”, jelas Sihmanto selaku ketua NPC Kabupaten Bantul, ditemui disela mengikuti latihan bulutangkis bersama atlet lainnya.

Sihmanto menambahkan tempat latihan tidak hanya di Balai Desa Wonolelo ini, tetapi menyebar sesuai  cabang olahraga yang diikuti, seperti tenis meja bertempat di Balai Rehabiliasi Pundong. Kemudian untuk tenis lapangan dan atletik di Stadion Sultan Agung Pacar, tetapi waktunya pada Minggu pagi hari.

Pengakuan atlet difabel

Sementara Darti seorang difabel wanita yang sehari-hari berprofesi sebagai penjahit mengaku, ingin menjadi atlet berprestasi sehingga bisa tampil diberbagai kejuaraan dan mendapatkan banyak hadiah. Karena tujuan ini maka dia rela meluangkan waktunya dihari minggu untuk berlatih berlatih bulutangkis. Padahal selain pelanggan sudah banyak dia sendiri sudah berkeluarga dan mempunyai seorang anak.

Namun, karena sekarang ini pengharagaan bagi atlet difabel sudah lumayan besar, maka semangatnya untuk berlatih tetap tinggi. Mengurus anak dan usaha jahit dia anggap bukan sebagai sebuah hambatan untuk maju,melalui prestasi olaraga. Apalagi mendengar cerita teman akrapnya yang pada National Paralimpics  empat tahun silam, berhasil menpatkan bonus Rp 50juta, karena berhasil menyabet medali emas,maka Darti menjadi bertambah semangat. Demikian menutup perbincangan Darti dengan solider, ketika selesai mengikuti latihan bulutangkis di Balai Desa Woolelo Pleret, Kabupaten Bantul.

The subscriber's email address.