Lompat ke isi utama

Illiza: Banda Aceh Siap Jadi Kota Inklusi

Solider.or.id, Jakarta—Walikota Banda Aceh Illiza Sa’aduddin Djamal mengatakan bahwa Banda Aceh siap menjadi Pilot Project sebagai kota inklusif. Hal ini ia katakan pada pertemuan Diskusi Publik yang diselenggarakan oleh Eisenhower Fellowship Alumni dan Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif di Jakarta, Sabtu (11/10).

Illiza mengatakan bahwa pasca tsunami Banda Aceh mulai banyak dikenal oleh masyarakat. Dari bencana itupulalah banyak penduduk Aceh yang menjadi difabel. Bermula dari itu, inisiasi untuk menjadikan kota Banda Aceh sebagai kota inklusif mulai terbangun. Namun, pembangunan infrastruktur dan pelayanan fasilitas umum baru bisa terbentuk tahun ini. Illiza mengatakan, hal ini dikarenakan pemulihan pemerintahan Banda Aceh pun masih terus dalam proses. Selain itu, pemahaman tentang difabel masih dibangun di sektor pemerintahan.

“Ya, akhirnya saya sadar betul setelah ada mbak Sri di Aceh, melihat berbagai anak difabel yang butuh pertolongan dan perhatian khusus. Membuat saya bingung awalnya, apa yang harus saya lakukan. Tetapi akhirnya saya sadar bahwa hak untuk mendapatkan aksesibilitas adalah hak semua orang, dan semua orang sesungguhnya rentan menjadi difabel,” ujar Illiza.

Illiza mengatakan, ditahun 2010 Walikota sebelum Illiza juga sudah menandatangani kesepakatan bersama UNESO untuk menciptakan pendidikan yang inklusif di Aceh, proses itu masih dijalankan sampai sekarang. Illiza mengatakan bahwa ada sekitar 632 masyarakat difabel di Aceh

“Salah satu program bantuan bagi difabel yang dilakukan oleh pemerintah Kota Banda Aceh adalah Al-quran Braile sama Al-quran audio udah ada buat difabel netra di Aceh, rusunawa gratis buat difabel, juga beberapa pelatihan keterampilan,” ujar Illiza.

Illiza pun mengakui bahwa perwujudan inklusifitas memang harus dilaksanakan, namun ia mengklaim bahwa itu semua butuh waktu dan proses yang tak mudah. “Saya sendiri saja baru baru sadar, apalagi staff saya. Dinas dinas terkait yang ada dilapangan. Mereka butuh pengetahuan, dan saya akan memberikan soslisasi kepada mereka,” pungkas Illiza.

 

The subscriber's email address.