Lompat ke isi utama

Difabel Ikut Aksi RUU Pilkada

Solider.or.id, Yogyakarta- Koalisi Kawal Rancangan Undang-Undang Pemilihan Kepala Daerah (RUU Pilkada) mengadakan aksi di depan kantor Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Yogyakarta pada Selasa (24/9) pukul 13.00 sampai dengan 15.00 WIB. Aksi yang juga melibatkan 20 difabel ini berlangsung damai tanpa pengawalan dari pihak kepolisian.

Setiap orang yang mengikuti aksi tersebut mengekspresikan penolakan terhadap RUU Pilkada melalui DPRD  di kain putih yang terbentang di depan pintu masuk kantor.

 Pernyataan sikap dari aksi tersebut adalah Pilkada langsung sejatinya adalah esensi demokrasi. Karena itu, mengembalikan pilkada kepada DPRD berarti kemunduran dalam dua hal ; partisipasi politik rakyat dan demokrasi substansial. Jangan sampai kepentingan kekuasaan politik jangka pendek sekelompok orang, mengorbankan politik rakyat." Pernyataan sikap yang dimunculkan pada aksi ini melibatkan berbagai kelompok, di antaranya : Perludem, ICW, TI Indonesia, IBC, FITRA, Correct, JPPR, KIPP Jakarta, PSHK-Puskapol FISIP UI, Pattiro, Yappika, Populi Center, KPPOD, Kopel, IPC, Rumah Kebangsaan, Our Voice, Satjipto Rahardjo Institute, Aceh STF, FIK Ornop, SUAK, Mata Aceh, Yasmib, MCRI, Dewan Guru Besar FE Unhas, GLK Aceh, MCW Jatim, Bem, PUSaKO FH Universitas Andalas, BEM FH Undip, PERMAHI Semarang, Dewa Orga Semarang, Komunitas Payung Semarang, PPDI DIY.

Untuk kawan-kawan yang juga ingin mendukung pilkada langsung, dapat mengakses informasinya di internet, dengan hastag #dukungpilkadalangsung atau dengan menandatangi petisi di www.change.org/dukungpilkadalangsung.

The subscriber's email address.