Lompat ke isi utama
Pertemuan IMRTS dan Self Help Group

Ikatan Motor Roda Tiga Surakarta, Wadah Silaturahmi Difabel

Solider.or.id, Karanganyar – Ikatan Motor Roda Tiga Surakarta (IMRTS ) selain menjadi wadah silaturahmi difabel pengguna motor roda tiga juga menjadi sarana berbagi informasi dan perhatian.

Dalam pertemuan rutin pada Minggu (21/9/2014) diselenggarakan di rumah Direktur PPRBM Surakarta, Sunarman di Kawasan Colomadu, Karanganyar. Dalam pertemuan tersebut ada penggalangan dana untuk membantu salah satu anggota IMRTS Hari Pamuji yang mengalami cedera patah tulang.

Selain berbagi perhatian untuk membantu rekan yang ditimpa musibah, dalam pertemuan tersebut beberapa anggota berbagi informasi.

Sunarman memberikan informasi tentang kesempatan difabel menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS), dia menyarankan agar difabel proaktif mencari informasi melalui Badan Kepegawaian Daerah (BKD).

“Ada kesempatan difabel menjadi PNS, jumlahnya ribuan. Tapi formasinya di daerah-daerah jadi teman-teman bisa mencari informasi ini melalui BKD setempat,” paparnya

Dalam kesempatan itu Sri Sudarti menyampaikan informasi pelatihan menjahit yang diselenggarakan Disperindag. Bagi yang berminat mengikuti bisa mendaftar melalui dia. Sementara itu Subardi, difabel asal Karanganyar yang juga aktif di Self Help Group (SHG) ini mengajak rekan-rekan difabel untuk belajar reparasi jam bersamanya.

“Jadi dari pekerjaan (mereparasi jam) saya bisa mendapatkan hasil lumayan. Dulu saya khawatir ada hape orang tidak pakai jam lagi. Tapi Alhamdulillah ternyata rejeki saya masih ada,” jelasnya.

Acara yang dimeriahkan oleh grup musik difabel ini diikuti oleh sekitar 50 difabel  yang bukan hanya dari kawasan Surakarta saja melainkan anggota SHG dari daerah di sekitarnya.

 

The subscriber's email address.