Lompat ke isi utama

Ijazah SMA Luar Biasa di Dua Kabupaten di Jawa Tengah Belum Dikeluarkan

Solider.or.id, Karanganyar-Gonjang-ganjing soal ijazah SMA LB yang belum diberikan kepada siswa menjadi pembicaraan di kalangan peserta didik yang bersangkutan  untuk segera mendapatkannya guna melanjutkan pendidikan atau mencari pekerjaan. Solider pada Senin(8/9/2014)mencari keterangan terkait keterlambatan penerimaan ijazah bagi siswa SMA LB. Keterangan pertama didapat dari Pasono, seorang pendidik di SLB C (grahita) Yayasan Pendidikan Anak Luar Biasa (YPALB)  Karanganyar. Pasono membenarkan bahwa pihaknya belum menerima blangko ijazah SMA LB. “Kalau ijazah SMP sudah karena tertulis turun dari Dinas Dikpora tertanggal 25 Juli 2014,”jelas Pasono. 

Di lokasi yang berdekatan, Farida Yuliati Kepala SLB B (rungu, wicara) YPALB juga memberikan keterangan yang sama bahwa ijazah untuk peserta didik SMA LB yang sudah dinyatakan lulus belum diterimanya. “Kami belum menerima blangko ijazah dari Dinas Dikpora,”tutur Farida di sela-sela menerima kedatangan tamu guna akreditasi SLB B YPALB.

Solider berusaha mencari keterangan di kantor Dinas Dikpora Karanganyar. Setelah menemui Sutarman, salah seorang staf di bidang perlengkapan, kemudian disarankan untuk meminta penjelasan kepada bidang Dikmen (Pendidikan Menengah). Di lantai 2 kantor baru yang tengah dibangun tersebut Nur Hidayat, Kepala Bidang Dikmen memberikan keterangan jika ijazah untuk SMA LB di kabupaten Karanganyar belum keluar.

 “Memang ijazah belum keluar, karena belum dikirim dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan  Provinsi Jawa Tengah,”ungkap Nur Hidayat.

Di daerah lain yakni Sukoharjo diperoleh keterangan dari Mardani, Kepala  SLB B-C Yayasan Pendidikan Anak-Anak Luar Biasa (YPAALB)Langenharjo Grogol Sukoharjo bahwa ijazah SMA LB juga belum bisa diberikan.”Di sekolah kami yang keluar baru ijazah SD LB,”jawab Mardani via telepon seluler.

Kristian, seorang staf administrasi di SLB Negeri Surakarta memberikan keterangan via pesan singkat telepon seluler jika ijazah SMA LB di tempat kerjanya sudah keluar. “Saya ambil ijazah siswa SLB N  di SLB YPAC Surakarta. Kepala sekolah YPAC sudah mengambil ijazah itu di kantor Dinas Pendidikan dan Kebudayaan di Semarang,” jelas Kristian. 

 

 

The subscriber's email address.