Lompat ke isi utama

SIGAB Adakan Workshop Pengawalan Kinerja Anggota Legislatif

Solider.or.id, Klaten- Sasana Integrasi dan Advokasi Difabel (SIGAB) bekerja sama dengan The Asia Foundation (TAF) menyelenggarakan workshop pengawalan kinerja anggota legislatif dengan tema “Membangun Kebijakan Inklusif” pada Senin (18/8) . Acara yang berlangsung selama empat hari ini melibatkan 20 peserta di antaranya dari Makassar, Balikpapan, Surabaya, Situbondo, dan Yogyakarta. Acara ini juga melibatkan aktivis difabel yang pada bulan April dan Juli silam menjadi pemantau pemilu.

Ishak Salim selaku Project Officer kegiatan ini mengatakan, bahwa kegiatan ini merupakan lokakarya yang bertujuan membentuk sebuah jaringan yang nantinya mengawal kinerja anggota legislatif yang telah terpilih. “Tentunya isu yang diangkat mengenai isu disabilitas, karena masih ada banyak anggota dewan yang tidak memiliki sensitivitas terhadapa isu difabel,” ujar Ishak.

Workshop ini merupakan ruang diskusi yang menampung temuan lapangan para peserta selaku pemantau juga aktivis difabel, tak hanya itu para peserta workshop ini juga akan membuat rencana kerja untuk mengawal kinerja anggota legislatif di daerahnya masing-masing.

Salah satu peserta dari Makassar, Kandacong yang juga salah satu anggota dari FAHAM PENCA Makassar menuturkan bahwa secara umum persoalan difabel sama, karena di Indonesia sendiri belum banyak perhatian terhadap difabel. “Jangankan di desa, atau provinsi yang jauh dari pemerintah. Yang di kota saja masih banyak diskriminatif,” papar Kandacong.

Setelah acara diskusi berlangsung, peserta juga akan mengikuti outbond yang di Kaliurang. Outbond nanti bertujuan untuk meningkatkan kapasitas dan membangun motivasi.

 

 

The subscriber's email address.