Lompat ke isi utama
keterangan foto : Suranto dari RBM Indonesia didampingi Edy Supriyanto ketua RBM Sehati Sukoharjo sedang berbincang dengan Katamso, difabel pengelola KUBE Lestari

Ketua Jaringan Rehabilitasi Berbasis Masyarakat Indonesia Kunjungi Sehati Sukoharjo

Solider.or.id, Sukoharjo-Suranto, ketua jaringan Rehabilitasi Berbasis Masyarakat (RBM) Indonesia atau CBR Indonesia Network bersama Suyono Yusuf dan Wahyu Handayani dari Balai Besar Rehabilitasi Sosial Bina Daksa (BBRSBD)Prof. DR.  Soeharso Surakarta  mengunjungi RBM Sehati Sukoharjo di sekretariat yang bertempat di LBK Sukoharjo, Senin (11/8/2014). Kunjungan yang diterima oleh Edy Supriyanto, Ketua RBM Sehati Sukoharjo tersebut dilanjutkan pemantauan  ke lapangan yakni di Kelompok Usaha Bersama (KUBE) Lestari yang berlokasi di Tawangsari serta melihat aksesibilitas sarana pemerintah yakni kantor kecamatan Tawangsari Sukoharjo. “Rehabilitasi harus dikerjakan oleh masyarakatnya sendiri. Pemerintah hanya memfasilitasi saja. Tujuan kedatangan saya di sini adalah untuk mengetahui lebih dekat RBM Sehati Sukoharjo yang saya lihat sudah maju untuk saya presentasikan di forum ASEAN,”tutur Suranto.

Pada kunjungan ke KUBE Lestari, Suranto dan tim dari BBRSBD melihat kegiatan yang dilakukan oleh pasangan suami istri Katamso dan Endang dalam mengelola KUBE. Katamso dibantu dengan beberapa tenaga kerja yang kesemuanya difabel bergerak di bidang pembuatan batako, sedangkan istrinya bekerja sebagai perajin sarung tenun. “KUBE Lestari adalah salah satu KUBE yang difasilitasi oleh pemerintah kabupaten Sukoharjo dari 18 KUBE yang tersebar di 12 Kecamatan. Dana berupa hibah sejumlah 30 juta/KUBE,”jelas Edy Supriyanto.

Turut bergabung dalam rombongan adalah relawan atau kader pemberdayaan difabel di  RBM Sehati Sukoharjo yang bekerja di kecamatan Weru, Sapto Rahayu. Sapto Rahayu saat ini berprofesi sebagai guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) yang berawal dari Posyandu sedang merintis berdirinya sebuah sanggar inklusi di kecamatan Weru, Sukoharjo.

The subscriber's email address.