Lompat ke isi utama

Hari ini, RUU Disabilitas Diserahkan ke DPR

Solider.or.id, Jakarta – Hari ini (21/5) RUU Disabilitas rencananya akan diserahkan ke DPR melalui Sekretaris Jenderal DPR Winantuningtyastiti pada pukul 14.00 WIB. Informasi ini didapat dari Fajri Nur Syamsi salah satu anggota di Tim Pokja yang sejak awal mendampingi penyusunan RUU Disabilitas. Melalui akun Twitternya, Fajri menginformasikan kepada seluruh pengikutnya kalau dirinya yang mewakili masyarkat difabel Indonesia segera menemui Sekjen DPR untuk menyerahkan draft RUU Disabilitas.

Seperti yang diberitakan kantor berita difabel Indonesia solider.or.id pada 9 Mei lalu, masyarakat difabel berharap besar RUU Disabilitas segera disahkan oleh DPR. Sebelum siap diserahkan ke DPR hari ini, RUU Disabilitas digodog oleh sebagian besar organisasi disabilitas di Pulau Jawa.

Diskusi pertama RUU Disabilitas dilaksanakan di Yogyakarta pada 20-21 April lalu. Kemudian berlanjut di Jakarta pada 6-8 Mei. Fajri mengatakan tidak ada perubahan yang mendasar dari hasil dua kali diskusi itu. “Tidak ada mas, hanya perapihan redaksional saja dan keperluan lain dari segi drafting peraturan. Secara substansi sama,” tulis Fajri saat membalas pertanyaan kontributor media ini melalui jaringan sosial media.

Fajri menambahkan secara teknis, setelah draft RUU Disabilitas diserahkan ke DPR, RUU Disabilitas akan masuk fase persiapan, usul inisiatif DPR, lalu pembahasan bersama DPR-Pemerintah.  Selama melalui proses yang cukup lama itu, Fajri menganjurkan kepada segenap difabel untuk bisa terus mengawal jalannya birokrasi memperjuangkan RUU Disabilitas hingga menjadi UU Disabilitas. Tim Pokja yang menyerahkan draft RUU Disabilitas ke DPR berharap draft akan segera didiskusikan. “Target kita Agustus sudah dibahas bersama DPR-Pemerintah, dan akhir September disahkan,” harap Fajri. Hingga berita ini diturunkan, persiapan untuk menemui Sekjen DPR Winantuningtyastiti tengah dilakukan sebelum bertemu pukul 2 siang nanti.

The subscriber's email address.