Lompat ke isi utama

Sosialisasi BPJS Kesehatan Belum Sampai ke Difabel

solider.or.id, Malang- Sejak diberlakukan mulai 1 Januari 2014 yang lalu, jaminan kesehatan nasional (JKN) yang diselenggarakan pemerintah melalui Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat, termasuk di Malang Raya. Latar belakang sosialisasi itu, menurut Iswahyudi selaku Kepala Bagian Kepersertaan dan Pelayanan Peserta sosialisasi bertujuan untuk mengajak masyarakat sadar akan pentingnya BPJS Kesehatan. Iswahyudi mengatakan, sosialisasi kepada masyarakat tidak melulu menjadi tanggungjawab BPJS Kesehatan, seluruh pihak juga ikut melakukan sosialisasi kepada masyarakat yang belum mengerti agar jangkauan sosialisasi lebih luas.

Namun, masih ada beberapa difabel belum mengetahui prosedur pembuatan kartu BPJS Kesehatan itu sendiri. Menurut Salikah (60), dia tidak mengetahui prosedur pembuatan kartu BPJS Kesehatan. "Saya tidak tahu, jangankan prosedurnya, keberadaan BPJS Kesehatan saja belum saya pahami," kata Salikah. Sementra itu, Supriadi difabel netra yang juga merupakan ketua Persatuan Tuna Netra Indonesia (Pertuni) Kota Malang mengugkapkan ketidak tahuannya. "Saya belum tahu mas," katanya saat dihubungi lewat saluran telfon. Bahkan, Pertuni juga belum pernah mendapatkan sosialisasi terkait BPJS Kesehatan dari pihak manapun. Supriadi berharap kan segera ada sosialisasi bagi difabel.

Menurut Wahyudi, masih adanya masyarakat yang belum mengetahui prosedur pembuatan kartu BPJS Kesehatan terkendala jauhnya lokasi tujuan. Hal itu mengakibatkan informasi yang seharusnya diketahui tidak sampai kepada kelompok masyarakat terpencil. "Itu mungkin terjadi karena kendala jarak yang jauh sehingga informasi terlambat," kata Wahyudi.

Lebih jauh, Wahyudi menjelaskan bahwasannya ada tiga metode pendaftaran BPJS Kesehatan. Pertama, peserta di Malang Raya bisa mendaftarkan diri dengan datang langsung di kantor BPJS Kesehatan di Jalan Raden Tumenggung Suryo 44 Kota Malang. Selanjutnya, peserta bisa juga mendaftarkan diri lewat online di website resmi BPJS Kesehatan atau bisa datang ke bank. Di Malang Raya sendiri baru Bank Mandiri yang bisa melayani pendaftaran BPJS Kesehatan. Dengan dibukanya tiga jalur pendaftaran itu, diharapkan masyarakat terutama yang tergolong kelompok rentan bisa memeperoleh pelayanan BPJS Kesehatan.

The subscriber's email address.