Lompat ke isi utama

Konsultan Politik Kritik Tidak Tersedianya Template Pemilih bagi Difabel

Solider.or.id, Surabaya - Tidak tersedianya alat bantu atau template bagi tuna netra untuk pemilihan caleg anggota DPR D dan RI ditanggapi serius oleh konsultan politik Agus Mahfud Fauzi. Menurutnya, ketersediaan alat bantu untuk difabel harus bisa dipenuhi oleh penyelanggara pemilu agar hak suara difabel tersalurkan.

Agus menganggap, saat ini KPU kurang berperan aktif untuk menyediakan alat bantu bagi difabel, khususnya netra. "Sebetulnya, kalau masalah anggaran tidak terkendala. Saat ini, alasan mereka adalah banyaknya Dapil," kata Agus pada Sabtu (8/3), seusai mengikuti acara diskusi publik.

Agus membeberkan solusi untuk mengatasi hal itu adalah dibuatnya template yang aksesibel untuk pemilihan. Template tersebut nantinya akan mengantarkan suara pemilih difabel ke dalam partai. "Cukup perpartai sehingga seluruh Jatim templatenya cukup satu," tandasnya.

Sementara itu, Joni Yulianto direktur SIGAB menegaskan harus ada gerakan konsolidasi kepada KPU agar aksesibilitas difabel memilih anggota DPR terpenuhi. KPU tengah gencar-gencarnya mengajak seluruh masyarakat memilih pada pemilu mendatang, namun jika aksesibilitas terhadap difabel belum terpenuhi akan menjadi halangan tersendiri mencapai tujuan.

The subscriber's email address.