Lompat ke isi utama

Pemeriksaan Kesehatan Gratis, Bentuk Kepedulian kepada Difabel

Solider.or.id,Bantul- Bertempat di Yayasan Mandiri Craft (YMC) yang  beralamat di Jalan Parangtritis km 7 Dusun Cabean, Kabupaten Bantul, pada Sabtu (22/02/2014), Gerakan Fajar Nusantara ( Gafara), mengadakan kegiatan pemeriksaan kesehatan gratis kepada penyandang difabel. Kegiatan ini selain diikuti oleh para penghuni YMC juga diikuti difabel lain di sekitar yayasan. Pemeriksaan kesehatan meliputi kolesterol, asam urat dan kadar gula.

Rico, salah seorang perwakilan Gafara mengatakan,” Kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian kami kepada difabel. Kegiatan serupa sudah sering kami adakan, tetapi kalau kegiatan dengan difabel di Bantul, pemeriksaan kesehatan ini merupakan yang pertama kali”.

Kegiatan pemeriksaan gratis ini mendapat sambutan positif dari para difabel, baik yang berasal dari dalam atau luar yayasan. Setidaknya sekitar 30 orang difabel rela antri untuk menunggu giliran mendapatkan pemeriksaan tersebut. Sementara pelaksanaan kegiatan ini juga dilakukan setelah jam kerja yaitu pada pukul 14.30 sampai selesai, sehingga tidak mengganggu aktifitas rutin dari yayasan.

Sementara Nany Istiningtyas (43), salah seorang difabel yang mengikuti pemeriksaan mengaku senang dengan adanya kegiatan ini. Selain tidak membayar alias gratis, maka deteksi dini terhadap masalah kesehatan dapat segera diketahui. Padahal masalah asam urat, kolesterol dan kadar gula mempunyai resiko tinggi terhadap kesehatan. Namun, dengan adanya pemeriksaan maka resiko tersebut dapat diminimalisir.

Kemudian diakhir perbincangan Rico menambahkan bahwa kegiatan yang dilakukan Gafara tidak hanya berupa pemeriksaan kesehatan, tetapi kegiatan sosial lainnya.Namun, untuk sementara kegiatan yang dilakukan dengan difabel Bantul baru pemeriksaan kesehatan.

The subscriber's email address.