Lompat ke isi utama

Pendampingan Koperasi SEHATI Untungkan Difabel

Solider.or.id, Sukoharjo-  RBM SEHATI diadakan pendampingan koperasi bertempat di LBK Sukoharjo yang menjadi sekretariat pada Jumat (21/22). Baru dua tahun terakhir di Koperasi SEHATI dilakukan pendampingan karena ada lembaga Karina Kas. Tahun ini sudah dilakukan 3 kali pendampingan dari 8 yang dijadwalkan.  Fasilitator pendampingan  adalah Bambang Nindyo dari Puskopdit Bekatigade Yogyakarta.“Tujuan diadakannya pendampingan adalah untuk peningkatan kapasitas pengurus koperasi di bidang pembukuan, pelaporan dan organisasi kerja,”jelas Edy Supriyanto ketua koperasi SEHATI.

Koperasi SEHATI awalnya didirikan oleh 20 orang anggota pada tahun 1998 dengan iuran per anggota sebesar 15 ribu rupiah. Kemudian tahun 1999 koperasi SEHATI berbadan hukum dengan Nomor 184/BH/KDK.11.27/uii/1999. Koperasi yang beralamat di Jl. Serang 11b Larangan Gayam, Sukoharjo saat ini mempunyai anggota sejumlah 107 orang, 10 orang di antaranya bukan difabel.Sempat vakum pada kurun waktu 2005-2010 saat ini koperasi mempunya modal kekayaan sebesar 37 juta dengan perputaran uang simpan pinjam per bulan 5-6 juta. 

Dengan menerapkan bunga sebesar 1 persen setiap bulan dengan lama angsuran sepuluh bulan,  Koperasi Serba Usaha SEHATI yang bergerak aktif pada unit simpan pinjam diharapkan menjadi koperasi yang profesional seperti koperasi lainnya setelah dilakukan pendampingan. Yanti, anggota koperasi sekaligus bendahara mengatakan jika menjadi anggota koperasi sangatlah membantu perekonomian. Perempuan difabel yang berprofesi sebagai penjahit ini terbantukan permodalannya.

“Bulan Maret mendatang kami merencanakan mengadakan Rapat Anggota Tahunan (RAT). Dan pada waktu besok itu, saya harapkan ada pergantian ketua dan pengurus lainnya sehingga ada regenerasi,”pungkas Edy Supriyanto.

The subscriber's email address.