Lompat ke isi utama
Potret Oja Firmansyah

Atlet Difabel Aceh Pecahkan Rekor ASEAN Paragames

Solider.or.id, Banda Aceh- Oja Firmansyah, atlet difabel asal Sabang, Aceh berhasil memecahkan rekor asean di dua nomor cabang atletik pada di ajang ASEAN Para Games VII/2014 di Kota  Nay Pyi Taw, Myanmar, 14-20 Januari 2014.

Atlet tuna daksa binaan National Paralympic Comittee Indonesia (NPCI) Aceh ini, berjaya dengan mendulang tiga mendali emas masing-masing untuk nomor lari 100 meter, nomor lari 200 meter dan nomor lari estafet 4x100 meter. Oja membuat catatan waktu 11.80 detik pada nomor lari 100 m memecahkan rekor Asean sebelumnya 11.83 detik. Dia juga membukukan rekor pada nomor lari 200 meter dengan catatan waktu 24.31 detik, sekaligus memecahkan rekor sebelumnya dengan catatan waktu 25.00 detik.

Indonesia sendiri pada ajang ASEAN Paragames kali ini berhasil tampil sebagai juara umum dengan raihan medali 99 emas, 69 perak, dan 49 perunggu. Atas prestasi itu, Oja mengaku sangat senang bisa meyumbang tiga medali emas, serta memecahkan dua rekor Asean. “Alhamdulillah senang sekali. Saya akan berlatih lebih giat lagi ke depan”, katanya bersemangat.

Kesuksesan itu juga memberinya kesempatan mewakili Indonesia pada kejuaraan atletik di Korea Selatan pada Oktober mendatang tahun 2014 nanti. Dia juga berharap pemerintah Aceh dapat lebih memperhatikan nasib para atlet difabel yang berprestasi, tanpa ada diskriminasi dengan atlet nondifabel. Karena mereka juga ikut mengharumkan nama Aceh, bahkan Indonesia. (Ade S.)

 

The subscriber's email address.