Lompat ke isi utama
Suasana sosialisasi Bisindo yang ramai dihadiri warga

Sosialisasi Bisindo Rambah Karang Taruna

Solider.or.id, Sukoharjo- Untuk pertama kali sosialisasi Bisindo merambah kelompok  muda. Karang Taruna desa Madegondo Kecamatan Grogol  Sukoharjo bekerja sama dengan Indonesia Disabled Care Community (IDCC) Solo, Gerkatin Solo, Gerkatin Sukoharjo dan DVO menyelenggarakan  sosialisasi Bisindo bertempat di balai desa Madegondo pada Sabtu (4/1/2014), “Tahun ini kami ingin lebih dekat dengan dunia disabilitas dengan melakukan sosialisasi Bisindo. Sedang tujuan acara adalah agar kami bisa berkomunikasi dengan tuli “ujar Agus Supriyanto ketua Karang Taruna Desa Madegondo.

Ketua Gerkatin Solo Muhammad Isnaini melakukan presentasi makalah yang berjudul “Touch With Deaf”. “Hargailah budaya kami. Ayo, mari kita hidup secara inklusi supaya kami bisa berekspresi” paparnya dalam bahasa isyarat yang diterjemahkan oleh Bias Hasby dari Deaf Volunteer Organization (DVO).

Kegiatan yang berlangsung selama tiga jam tersebut mendapat donasi dari Mal The Park dan swadana dari anggota dan pengurus Karang Taruna. Beberapa tokoh masyarakat setempat tampak hadir yakni sekretaris kecamatan mewakili camat, anggota Badan Anti Narkotika Nasional (BAN) RBM Sehati, semua  pengurus karang taruna serta puluhan anggota Gerkatin Solo, Gerkatin Sukoharjo dan DVO.

Lebih lanjut Agus Supriyanto Ketua Karang Taruna mengemukakan, “Kegiatan kami  belum ada yang langsung menyentuh masyarakat disabilitas. Ke depan akan ada kerja sama dengan Mal The Park. Rutin tiap malam minggu pertama akan melibatkan Gerkatin Solo dalam sosialisasi. Kami baru membicarakan tempatnya apakah di pelataran Mal ataukah di mana. ”

Sosialisasi Bisindo  ditutup dengan praktek belajar bahasa isyarat yang diikuti oleh semua yang hadir.  Maka 70 orang membentuk 5 kelompok yang masing-masing dipandu oleh beberapa relawan dari DVO.

The subscriber's email address.