Lompat ke isi utama
Difabel Australia sedang memberikan apresiasinya.

Masyarakat Berperan dalam Mengatasi Masalah Difabel

Solider.Yogyakarta- Bertempat di Pendopo Rumah Dinas Walikota Yogyakarta, Minggu ( 29/12/2013) digelar kegiatan talkshow dengan menampilkan pembicara seorang difabel dari Australia, yang bernama Tuly Kolhagen seorang penyandang mental retardasi. Kegiatan ini dihadiri oleh istri Walikota Yogyakarta, pegiat disabilitas, difabe, dan orangtua difabel.
Patricia, selaku penggagas acara mengatakan,”Kegiatan ini bertujuan mendapatkan dukungan masyarakat dalam mengatasi masalah difabel, utamanya yang mendesak adalah aksesibilitas karena menyangkut keselamatan. Contohnya di stasiun kereta api belum terpasang alat peringatan bagi difabel rungu wicara, hal ini tentunya membayakan mereka karena tidak dapat mendengar peringatan melalui pengeras yang selama ini digunakan”.
Kepada para hadirin, Tully menceritakan seputar pengalaman hidupnya sebagai difabel penyandang mental retradasi di Australia. Dia berharap perjalanan hidupnya akan menjadi motivasi tersendiri kepada para difabel di Indonesia. Dia bercerita bahwa semangatnya sangat kuat karena sekarang ini rela menjadi tukang kebun dan pengumpul sepeda rusak. Dia juga mengatakan bahwa di Australia sudah ada peraturan yang keras tentang difabel dan dukungan dana besar dari pemerintah. Namun, semua itu tidak berarti tanpa peran dari masyarakat.

The subscriber's email address.