Lompat ke isi utama
Evaluasi Kursi Roda oleh UCPRUK di Pasar Seni Gabusan  Bantul, Selasa (17/12) dalam Peringatan International Difabel Day

Evaluasi Kursi Roda Saat Hari Disabilitas Internasional

Solider.or.id-Yogyakarta- Selasa (17/12), Sri Lestari yang biasa dipanggil Tari (40) terlihat sedang serius memberikan pelayanan dengan menjawab beberapa pertanyaan dari keluarga pengguna manfaat kursi roda United Celebral Palsy Roda Untuk Kemanusiaan (UCP- ­­RUK).

Tari menyempatkan waktu menjelaskan kepada penulis tentang kegiatan yang dilakukannya.  Kali ini UCPRUK mengundang sebanyak 25 pengguna kursi roda yang berada kecamatan Bantul dan Imogiri untuk dilakukan evaluasi terhadap keadaan kursinya. Mereka adalah penerima manfaat sejak tiga tahun yang lalu, tahun 2010.

Tari menuturkan, pengecekan atau evaluasi minimal harus dilakukan paling sedikit enam bulan sekali, untuk disesuaikan dengan kondisi tubuh, posisi badan pemakainya, sehingga mendapatkan rasa nyaman dan tidak menambah buruk kondisi penggunanya. Pengecekan kali ini bertepatan dengan peringatan hari difabel internasional bersama Center for Improving Qualified Activity in Live People with Disability (Ciqal) dan Karinakas.

“Dari 25 undangan yang hadir, beberapa kursi roda hanya cukup direparasi, akan tetapi ada yang harus diganti. Dan bagi pengguna kursi roda yang harus mengganti kursi rodanya, bisa menukarkannya di Karinakas ataupun di kantor UCP, dengan menunggu surat pemberitahuan dari UCP,” tambahnya.

Tari juga menjelaskan, bantuan kursi roda ini ada dua jenis, pertama diberikan secara gratis, ini bagi penerima manfaat pertama, dan yang kedua dengan sistem kontribusi, atau mengganti biaya ringan, jauh lebih ringan dari harga kursi roda.

The subscriber's email address.