Lompat ke isi utama
PIN Power of Difabel "Difabel for Cancer"

DAC Rayakan Ulang Tahun dengan Program Amal

Solider.or.id. Yogyakarta. Power of DifabelDifabel for Cancer” adalah salah satu program amal sekelompok komunitas remaja tuli di Yogyakarta, Deaf Art Community (DAC). Rangkaian kegiatan akan dilaksanakan di Gedung Pusat Kebudayaan Koesnadi Harjosumantri (PKKH) Universitas Gadjah Mada Yogyakarta, Sabtu  30 November sampai dengan 3 Desember 2013.

Program amal tersebut  merupakan kelanjutan dari salah satu program sebelumnya, yaitu DAC Goes to School. DAC akan mendonasikan seluruh hasil penjualan pin “Difabel for Cancer” kepada  Yayasan Kasih Anak Kanker Jogja (YKAKJ) yang beralamat di Jalan Bangau No.8 Plemburan, Sleman, Yogyakarta.

Pilot DAC, Arief Wicaksono mengatakan, “Banyak sekali program di akhir tahun 2013 ini bagi DAC. Di antaranya pada Sabtu (30/11), mengadakan Workshop bahasa isyarat, Minggu (1/12), lomba Bahasa Isyarat dan Selasa (3/12), adalah mengenalkan budaya tuli pada masyarakat dilanjutkan dengan pentas dalam dua tahap. Pada malam puncak pentas DAC itulah seluruh uang hasil penjualan pin tanpa dihitung terlebih dahulu akan kami sampaikan pada YKAKJ.”

“Saat ini teman-teman sibuk mempersiapkan diri untuk menampilkan yang terbaik pada kegiatan tersebut. Ada yang sibuk menyelesaikan pesanan pin, DAC muda sibuk dengan latihan untuk pentas, dan kami DAC tua selain latihan juga sibuk menyiapkan program dan teknik untuk acara tersebut,” tambah Arief.

Pendamping Deaf Art Community, Broto Wijayanto mengatakan, tingkat kepekaan sosial dan rasa peduli yang dimiliki anak-anak tuli ini melebihi kita-kita manusia mendengar (hearing person). Program ini tidak lagi sekedar mengkampanyekan toleransi terhadap difabel, tetapi DAC mulai membangun aksi solidaritas untuk orang-orang yang kurang beruntung lainnya. Berkampanye untuk peduli sesama dan melakukan aksi nyata menggalang donasi bagi para pengidap kanker, khususnya anak-anak yang dirawat di YKAKJ.

“Momen ini bertepatan dengan hari peringatan international difabel day sekaligus menandai usia DAC yang ke-9 yang jatuh pada tanggal 28 Desember 2013,” Broto mengakhiri wawancaranya.

The subscriber's email address.